Liburan semakin dekat, tetapi tidak tahu harus ke mana atau anggaran hampir habis? Jangan khawatir, bagi Anda yang tinggal di Jakarta, mengapa tidak berencana berlibur ke taman? Saat ini di seluruh Jakarta, Anda dapat menemukan taman-taman indah dengan berbagai fasilitas menarik. Anda juga tidak perlu membayar banyak biaya karena harga tiket masuk dan fasilitas di sini murah.

Anda dapat mengundang orang tua, saudara kandung, atau anak kecil untuk pergi bersama. Selain lebih mengasyikkan, suasana di taman-taman ini juga sangat cocok untuk dinikmati bersama orang-orang terkasih. Saat bepergian, selalu berhati-hati dan lebih baik jika Anda datang saat cuaca cerah. Di bawah ini, TripZilla telah merangkum 13 pilihan taman di Jakarta yang layak untuk masuk ke daftar tujuan wisata Anda berikutnya.

1. Shady Beauty – Taman Langsat, alias Taman Barito

Kredit gambar: @hasandithomas

Meskipun ada banyak kisah mistik, jangan ragu untuk datang ke taman ini. Pada hari yang cerah, kelelahan Anda akan hilang ketika Anda melihat pohon-pohon besar yang rindang dan rumput yang luas. Di taman ini, ada area konseling sehingga Anda dapat belajar tentang tanaman yang ada.

Kredit gambar: @astri_momo

Anda bisa menggunakan rumput lebar untuk melakukan kegiatan bersama, seperti olahraga bersama. Selain itu ada juga disini lintasan Joging dan lapangan yang bisa digunakan untuk bermain tenis. Jangan lewatkan area bermain anak-anak dan semua instruksi di taman ini yang ditulis dengan jelas, yang sangat mudah bagi Anda yang belum pernah ke sini dan ingin mencoba berbagai fasilitas.

Kredit gambar: @isyekomariani

Taman Langsat juga bisa disewa untuk merayakan pernikahan atau acara lainnya, lho! Cukup dengan dekorasi sederhana, nuansa sudah terlihat romantis dan indah. Jangan lupa untuk menghubungi pengelola Taman Langsat jika Anda ingin mengadakan acara di sini. Dijamin tidak ada penyesalan!

Alamat: Jl. Barito, RT.1 / RW.1, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

2. Lebih disukai tua dan muda – Taman Tebet

Kredit gambar: www.backpackerjakarta.com

Taman, yang dulunya disebut Taman Honda, populer dan selalu penuh sesak dengan pengunjung. Banyak acara menarik dari berbagai komunitas diadakan di taman ini. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan taman bermain untuk anak-anak, lintasan Joging, toilet dan peralatan kebugaran. Anda tidak akan bosan karena ada banyak kegiatan yang dapat Anda ikuti dan juga lingkungan yang sangat nyaman.

Kredit gambar: @mynameis_ena

Jika Anda lapar dan tidak membawa makan siang, Anda bisa makan di gerobak makanan atau kafe yang banyak tersedia di sini. Siapa tahu, Anda akan menemukan makanan favorit Anda yang akan membuat hari Anda lebih menyenangkan.

Alamat: Jl. Tebet Timur Raya No.10, Jakarta Selatan. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 6,00 – 21,00.

3. Taman yang tak lekang oleh waktu – Taman Menteng

Kredit gambar: Pariwisata Jakarta

Taman Menteng yang legendaris memiliki ikon rumah kaca yang merupakan tempat pameran lukisan karya seniman Indonesia. Rumah kaca ini sangat instagramable dan banyak menggunakan fasilitas ini untuk mengambil gambar pranikah atau kegiatan fotografi lainnya. Di malam hari, rumah kaca ini juga terlihat unik karena dihiasi dengan lampu.

Kredit gambar: @aasmayaa

Taman Menteng juga dilengkapi dengan fasilitas keren seperti lapangan futsal, lapangan basket, taman bermain anak-anak dengan lantai lunak, lintasan Joging dan koneksi internet yang bagus. Selain itu ada juga air mancur yang bisa menjadi pemandangan indah jika ingin bersantai.

Kredit gambar: @ raffif.akbarr

Anda dapat memilih, ingin datang dengan tim olahraga Anda atau dengan geng foto cantik Anda. Keduanya dijamin sama menyenangkannya!

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3 / RW.5, Menteng, Jakarta Pusat. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: 2.000 IDR per orang.
Jam buka: Setiap hari, 5.00 – 23.00.

4. Taman yang ramah bagi penyandang cacat – Taman Ayodia

Kredit gambar: @jakpostlife

Taman Ayodia memiliki fasilitas untuk para penyandang cacat. Ada toilet dan jalur jalan khusus yang membuat penyandang cacat lebih nyaman saat menikmati taman ini. Anda juga dapat menemukan taman bermain untuk anak-anak, lintasan Joging, peralatan kebugaran, panggung teater, gazebo dan air mancur.

Kredit gambar: @jakpostlife

Satu lagi fasilitas keren yang ada di sini adalah perpustakaan terapung yang berisi sekitar 300 buku. Wah, nongkrong bareng juga bisa jadi tempat untuk menambah wawasan! Taman ini juga memiliki koneksi internet yang baik, sehingga Anda dapat segera meletakkan foto Anda di sudut instagramable ke media sosial Anda!

Alamat: Jl. Barito I, RT.4 / RW.7, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

5. Alam segar di tengah hiruk pikuk kota – Taman Cattleya alias Taman Tomang

Kredit gambar: @ temantaman.jkt

Jangan heran jika Anda menemukan taman yang indah ini penuh dengan bunga berwarna-warni di tengah-tengah kota Jakarta Barat yang ramai. Taman ini dilengkapi dengan lintasan Joging, fasilitas kebugaran dan kolam berisi ikan. Anda dapat memancing di kolam ini, jadi jangan lupa untuk membawa pancing Anda di sini, oke!

Kredit gambar: @dkijakarta

Ikon yang tidak boleh dilewatkan di taman ini adalah patung Anne de Kyiv. Patung ini diberikan oleh kota Kiev di Ukraina ketika kota Jakarta ulang tahun ke-492. Patung ini merupakan simbol persahabatan antara dua kota yang memiliki hubungan kota saudara perempuan.

Kredit gambar: @irhampp_

Jadi jika Anda datang ke taman ini, Anda bisa mendapatkan paket lengkap pemandangan indah, tubuh yang sehat dan pemandangan karya seni yang menarik.

Alamat: Jl. Anggrek Neli Murni, RT.15 / RW.1, Kemanggisan, Jakarta Barat. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 7:00 – 22:00.

6. Taman bertingkat unik – Taman Spathodea alias Taman Miring

Kredit gambar: www.backpackerjakarta.com

Taman ini disebut Taman Leaning karena kontur teras, sehingga ada bagian tinggi dan rendah. Anda dapat membawa saudari Anda ke sini karena selain cantik, ada juga Taman Baca Spathodea yang buka setiap hari Minggu. Taman baca ini menyediakan banyak buku anak-anak yang menarik, jadi jangan lewatkan!

Kredit gambar: @ spathodea.tamanbaca

Nama Taman Spathodea juga disematkan karena banyaknya bunga spathodea yang tumbuh di sini. Selain menyediakan fasilitas bermain anak-anak dan fasilitas kebugaran, di taman ini juga ada danau yang dipenuhi ikan. Berbagai jenis ikan di danau seperti ikan mas, nila, gabus, lele, hingga gurame. Anda dapat memberi makan ikan di kolam ini, tetapi Anda tidak bisa memancing!

Kredit gambar: @adindasaja

Tidak hanya bagus untuk selfie, tapi taman ini tidak akan membosankan dengan berbagai kelebihan di dalamnya.

Alamat: Gg. Kriep No.13, RT.13 / RW.5, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, jam 5 pagi – 6 sore.

7. Merasa seperti perjalanan ke Jepang – Taman Tabebuya

Kredit gambar: www.lusementpedia.com

Kota Jakarta juga memiliki taman yang dipenuhi bunga tabebuya, lho! Bunga merah muda yang indah yang menyerupai bunga sakura sebenarnya berasal dari Brasil. Namun pohon Tabebuya ini hanya mekar pada waktu-waktu tertentu, yaitu di pertengahan hingga akhir musim hujan. Persiapkan kamera Anda, karena siapa yang tahu kapan Anda datang, deretan pohon Tabebuya ini akan mekar dengan indah!

Kredit gambar: @puputtryani

Fasilitas di sini termasuk area bermain anak-anak, lintasan Joging, kolam ikan untuk anak-anak dan juga ruang komunitas. Ruang komunitas ini adalah bidang yang buka pukul 6: 00-18: 00. Anda dapat merencanakan reuni atau acara lain dengan teman-teman Anda di tempat ini, itu harus dilihat instagramable!

Banyak pilihan menarik, baik untuk dinikmati bersama teman, keluarga atau pun jika Anda ingin bersantai sendirian di sini.

Alamat: Jalan Muhammad Kafi No.1, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Koordinat Lokasi, klik di sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 7.00 – 17.30.

8. Wisata komunitas sambil menjaga kesehatan – Taman Hutan Kota Srengseng

Kredit gambar: @ nizar.rachmadian

Taman ini menawarkan pepohonan yang rimbun dan menyejukkan. Ada fasilitasnya toilet dan musholla di sini. Jika Anda berjalan ke taman, Anda akan menemukan sebuah danau dengan pulau kecil di tengahnya. Pengunjung dapat memancing di danau ini.

Kredit gambar: @arywahyuni

Selain itu, Anda dapat menemukan fasilitas taman bermain anak-anak dan fasilitas panjat tebing. Bagi mereka yang tidak menyukai olahraga ekstrem, bisa mencoba yoga. Ada Asosiasi Yoga Hutan Kota Srengseng (HKS) yang mengadakan kegiatan ini setiap hari Minggu pukul 7:00.

Jadi kenakan pakaian yang nyaman, karena siapa tahu Anda ingin mencoba berbagai fasilitas olahraga di sini!

Alamat: Jl. H. Kelik RT 8 / RW 6, Srengseng, Kec. Kembangan, Jakarta Barat. Koordinat Lokasi, klik di sini
Harga tiket: 2.000 IDR per orang.
Jam buka: Setiap hari, jam 6 pagi – 6 sore.

9. Aliran sungai dan danau tersembunyi di tengah kota – Taman Dadap Merah

Kredit gambar: @ temantaman.jkt

Taman Dadap Merah memiliki luas 20.000 m². Meski tersembunyi, hal itu tidak membuat taman di Jakarta Selatan sepi oleh pengunjung. Warga ibu kota yang mencari kesejukan di antara pepohonan yang rimbun dan derasnya air sungai sering mengunjungi taman ini untuk berolahraga atau hanya menikmati suasana taman.

Kredit gambar: @saunggazebo

Jika Anda ingin datang dengan anak-anak, datanglah pada hari Minggu. Ini karena setiap hari Minggu pukul 14.00 – 17.00, ada sekelompok relawan yang mengatur taman baca gratis untuk anak-anak. Tidak hanya membaca, mereka juga sering mengadakan acara yang diisi dengan permainan sederhana untuk menghibur anak-anak yang berkunjung.

Kredit gambar: @ dadapmerah.tamanbaca

Datanglah ke taman ini di Jakarta! Anda juga bisa menjadi salah satu sukarelawan di taman baca, lho!

Lokasi: Jl. Kebagusan Dalam, Desa Kebagusan, Distrik Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 5:00 – 18:00.

10. Lapangan yang semakin mencolok – Taman Lapangan Banteng

Kredit gambar: @ jimmy_f88

Jika dulu Lapangan Banteng hanya dikenal melalui pameran flora dan fauna yang rutin diadakan setiap tahun, citra taman di Jakarta telah berubah di era saat ini. Sejak revitalisasi dilakukan pada bulan Maret 2017 hingga Juli 2018, taman ini telah berubah menjadi salah satu tempat paling instagramable.

Kredit gambar: @julieromzi

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini mulai dari olahraga, berburu foto dan yang paling menarik adalah menonton pertunjukan air mancur menari. Pertunjukan teknologi tinggi yang menggabungkan air mancur bergerak sesuai dengan musik dan pencahayaan yang apik selalu memukau pengunjung yang melihatnya. Anda dapat menikmati kinerja selama 15 menit ini setiap akhir pekan pukul 6.30 malam.

Kredit gambar: @jakarta_skylines

Menyenangkan dan canggih, apakah Anda tidak penasaran untuk datang ke taman ini?

Lokasi: Jl. Lapangan Banteng Selatan, Desa Pasar Baru, Kabupaten Sawah Besar, Jakarta Pusat. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: 05:00 – 22:00.

11. Setelah gelap datang cahaya – Taman Kalijodo

Kredit gambar: @kataenduy

Kalijodo. Siapa yang tidak tahu sejarah kelam wilayah ini. Satu bidang yang sering diidentifikasi dengan prostitusi kini telah berubah total. Sejak relokasi penduduk di sekitar bantaran sungai dan pembangunan RPTRA, daerah tersebut telah menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Kredit gambar: @indomavic

Fasilitasnya cukup lengkap untuk ukuran RPTRA. Ada Taman skate, taman bermain anak-anak, pusat jajanan ke mural atau fresco yang menggoda untuk digunakan sebagai foto latar belakang. Ini adalah pilihan unik bagi Anda yang menyukai liburan penuh gaya gaya jalanan!

Kredit gambar: @jurnal_arsitektur_indonesia

Siapkan kamera dan pakaian keren untuk berjalan dan bermain skateboard matanya!

Lokasi: Kecamatan Angke, Desa Tambora, Jakarta Barat. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

12. Bersantai sambil mendengarkan orkestra – Taman Suropati

Kredit gambar: @andreharry

Jika Anda memotret di taman ini, dijamin akan menghasilkan foto seperti di taman asing. Karena taman di Jakarta ini unik, yang merupakan rumah bagi banyak merpati. Bahkan ada rumah burung di sini! Ini menyajikan pemandangan indah dan menenangkan yang banyak orang berburu untuk foto dan menghabiskan waktu mereka beristirahat di sini.

Kredit gambar: @cahyaroma

Selain itu, di taman ini Anda juga bisa melihat enam monumen yang dibuat oleh seniman dari negara-negara ASEAN. Sisi lain yang menarik dari taman ini adalah keberadaan Kamar Taman Suropati, yang merupakan orkestra yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa. Orkestra ini telah memecahkan rekor MURI karena berhasil memainkan lagu Indonesia Raya dengan 326 musisi di taman.

Kredit gambar: @tamansuropatichamber

Alamat: Jl. Taman Suropati No.5, Menteng, Jakarta Pusat. Klik koordinat lokasi sini
Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

13. Abadikan momen Anda dengan pohon baobab yang teduh – Taman Ria Rio

Kredit gambar: @ temantaman.jkt

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menemukan pohon baobab yang berasal dari Afrika di sini? Taman, yang terletak di samping waduk Ria Rio, menampilkan padang rumput besar, pohon baobab yang menarik dan suasana yang tenang karena jauh dari kebisingan. Anda dapat bersantai di bangku taman yang menghadap ke danau atau membawa peralatan olahraga Anda di sini.

Kredit gambar: @aprihutagalung

Pemandangan taman yang dihadirkan terlihat indah dan sejuk meski sebenarnya masih di tengah kota Jakarta.

Alamat: Jl. Pulo Mas Utara Blok E No.1, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Klik koordinat lokasi sini

Harga tiket: Gratis.
Jam buka: Setiap hari, 6:00 – 19:00.

Baca juga: Jadwal Perjalanan Jakarta untuk Liburan Akhir Pekan bersama Keluarga

Nah, jadi siapa bilang liburan harus jauh dan hanya bisa pergi ke mall? Berbagai pilihan taman di atas menawarkan beragam fasilitas dan keunikannya. Pilih saja dan semuanya murah. Selamat berlibur!

Pos 13 Taman di Jakarta untuk tujuan liburan murah muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin