Tempat wisata Tana Toraja identik dengan ungkapan "tidak biasa" bagi kebanyakan orang, mengingat banyaknya makam yang dijadikan tujuan wisata. Namun alam di Tana Toraja juga menawarkan eksotisme yang tak kalah indah. Bayangkan, Anda dapat melihat bukit yang menjulang tinggi yang terbelah oleh sungai, yang mengingatkan pada dunia film animasi, Avatar of The Legend of Aang.

Kabupaten ini di Sulawesi Utara juga memiliki nilai tradisional dan budaya yang sangat kental. Pesona adat dan alam sekitarnya membuat wisatawan jatuh cinta pada pandangan pertama. Ingin tahu? Berikut adalah tempat wisata Tana Toraja yang wajib dikunjungi.

1. Lihat makam para bangsawan, Gua Lemo

Tidak seperti makam pada umumnya, Lemo mudah diakses oleh masyarakat umum. Prosedur pemakaman khusus untuk bangsawan Toraja adalah daya tarik utama bagi wisatawan untuk melihat langsung tempat pemakaman di gua batu. Bukit kapur berwarna keputihan memberikan rona warna khas sehingga makamnya jauh dari angker.

Kredit gambar: @ kiven_eleven11

Ada berbagai patung kayu yang menghiasi bukit makam. Untuk adat istiadat setempat, patung itu harus dibuat menyerupai orang yang sudah meninggal dan tubuhnya dimakamkan di batu. Setiap keluarga memiliki tempat sendiri di bukit, serta penataan pahatan kayu. Jika mereka terkait darah dan memiliki ikatan keluarga, patung-patung tersebut berbaris dengan leluhur mereka yang meninggal terlebih dahulu.

Kredit gambar: @rianviolet

Meski menjadi kuburan, Lemo memiliki pesona tersendiri. Pemandangan stalaktit dan gua stalagmit memberikan warna alami yang epik. Sinar matahari yang berasal dari sela-sela gua memberi cahaya sehingga warna kontur gua terlihat indah. Dari lubang-lubang gua pengunjung juga bisa melihat pemandangan alam di sekitarnya yang tidak kalah bagus.

Lokasi: Desa Sandan Uai, Kabupaten Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.
Harga tiket: 20.000 IDR untuk tiga orang

2. Lihat patung Jesus Buntu Burake dan berjalan di jembatan kaca terpanjang di Indonesia

Kredit gambar: @yoppysiswanto

Pada dasarnya tempat ini adalah objek wisata spiritual bagi umat Kristen. Tetapi siapa pun dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler dari jembatan kaca. Untuk mencapai perbukitan Buntu Burake, Anda menempuh perjalanan selama sekitar tujuh jam melalui jalan Makassar Poros Baru. Lokasi patung ini berada di kota Makale, tepat di atas bukit Buntu Burake. Konstruksi patung ini mereplikasi gaya patung di Rio De Janeiro, Kristus Sang Penebus.

Kredit gambar: @vicarioabs

Dengan dibukanya kawasan spiritual ini, setidaknya wisatawan dapat menikmati ketinggian bukit dengan akses yang lebih mudah dan lebih aman. Jembatan kaca yang mengelilingi patung adalah jembatan kaca terpanjang di Indonesia, dengan panjang sekitar 90 meter. Berada di jembatan kaca ini, nuansa seperti mengambang di atas ketinggian. Jika Anda ingin menikmati pemandangan spektakuler, datanglah sedini mungkin untuk melihat matahari terbit dengan awan putih di sekitarnya.

Kredit gambar: @mondwinita

Lokasi: Bukit Buntu Burake, Kota Makale, Sulawesi Selatan.
Jam buka: Setiap hari, 6.00-22.00 WITA
Tiket masuk: 50.000 Rupiah per orang

3. Melangkah ke rumah tradisional tertua di Sulawesi di Desa Pallawa

Tempat wisata Tana Toraja kali ini adalah daerah desa yang bersejarah, tempat di mana rumah tradisional Tongkonan, rumah tradisional Sulawesi Selatan, adalah yang tertua di Tana Toraja dan masih dipertahankan sampai sekarang. Untuk sampai di sana, Anda harus menempuh perjalanan selama tujuh jam dari kota Makassar. Sesampainya di desa, Anda akan melihat lingkungan yang masih sangat indah, dengan suasana udara yang jauh lebih sejuk dari kota Makassar dan lokasi desa ini berada di bukit terjal.

Kredit gambar: @ andiarumislami21

Ada 11 rumah Tongkonan dengan semprotan beras tradisional di desa ini. Pemilik asli tidak lagi menempati rumah ini, karena ada keluarga yang membeli semua rumah tradisional di desa dan penduduk asli tinggal di belakang rumah Tongkonan. Dikatakan bahwa rumah Tongkonan ini adalah saksi bisu tentang kerasnya perang antar desa.

Lokasi: Desa Pallawa, Sesean, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Harga tiket: Gratis

4. Wastewater Pond, sebuah danau kecil di tengah tebing yang dramatis

Bagi yang ingin mencari keheningan suasana alam, mengunjungi kolam air limbong adalah solusinya. Kolam air ini adalah danau kecil yang terletak dua kilometer dari kota Rantepao. Pemandangannya sangat epik, tebing batu dan air hijau bergabung untuk menghasilkan tampilan yang menarik.

Kredit gambar: @ 8fanuel

Akses ke kolam juga bagus. Fasilitasnya lengkap, termasuk keberadaan beberapa restoran dan toilet. Anda juga bisa naik air sambil menyaksikan naungan pohon menjorok ke dalam air. Nyanyian burung-burung yang bersorak membantu menghidupkan pesona alam di sekitar danau, tebing-tebing tinggi mencerminkan gema alami dan menghadirkan relaksasi.

Lokasi: Jl. Singki, Rantepao, Sulawesi Selatan, Indonesia
Tiket masuk: 10.000 untuk wisatawan domestik, 20.000 untuk wisatawan asing.

5. Selfie disertai gundukan pasir artistiknya Sumalu, Toraja Utara

Kredit gambar: @christinetadale

Ternyata gundukan pasir tidak hanya ada di Yogyakarta. Di Tana Toraja juga memiliki kompleks bukit pasir yang pesonanya tak kalah indah. Tempat wisata Tana Toraja ini disebut Gumuk Pasir Sumalu, yang dulu sering disebut sebagai Bukit Pa'buyan.

Kredit gambar: @ethnictraveler

Area pasir ini bukan sembarang gundukan, pasir yang mudah dibawa angin melukis pemandangan yang indah dan artistik. Tak ayal, jika memotret di tempat ini selalu menghasilkan foto yang bagus. Untuk sampai ke gumuk pasir, Anda harus melakukan perjalanan dari rute Rantepao dan membutuhkan waktu lebih dari satu jam (jarak 25 kilometer).

Lokasi: Rantebua Sumalu, Rantebua, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Harga tiket: 10.000 IDR (parkir)

6. Bonggakaradeng memiliki bukit-bukit teletubi

Kredit gambar: @desinafalia

Bonggakaradeng adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Wilayah ini memiliki tujuan wisata yang menampilkan pemandangan luas dan padang rumput hijau. Daya tarik utamanya adalah pemandangan pegunungan yang terlihat seperti permadani yang dipotong oleh sungai. Lokasi bukit Teletubies adalah area terbaik untuk melihat bentangan pegunungan dan menikmati suasana pedesaan.

Kredit gambar: @adhy_seyvantt

Daerah ini sangat cocok untuk mereka yang suka kegiatan berkemah dan kegiatan luar ruangan. Anda dapat melihat burung-burung terbang di hamparan luas Ollon, sebuah sungai dengan aliran air jernih, memanjakan mata Anda dengan pemandangan alam yang indah. Saat matahari terbit, akan ada awan kabut yang mengelilingi perkebunan dengan suhu dingin.

Lokasi: Bukit Teletubbies, Desa Bonggakaradeng, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Harga tiket: Gratis

7. Batu megalit para bangsawan di Bori Kalimbuang

Kredit gambar: @_gobackpacking

Bori Kalimbuang adalah susunan kompleks batu megalitik yang berdiri menjulang di atas padang rumput. Ada total 102 batu yang naik di daerah Bori Kalimbuang, yang oleh masyarakat setempat disebut "simbuang batu". Batu-batu tinggi ini adalah menhir yang dibuat selama penguburan mayat.

Kredit gambar: @carrickferguson

Dibutuhkan banyak energi untuk menghasilkan batu seperti yang ada di Bori Kalimbuang. Harga batu itu kabarnya juga bersaing dengan rumah sewaan. Secara alami, untuk mendapatkan menhir batu, keluarga yang ditinggalkan harus meminta bantuan atau membayar kuli untuk mengambil batu dari puncak gunung dan dipoles sedemikian rupa. Kemudian batu-batu tersebut digulung bersamaan ke kompleks Bori Kalimbuang. Butuh lusinan orang yang bekerja untuk memolesnya agar menyetirnya. Proses pengambilannya juga sulit dan berisiko tinggi. Terutama jika almarhum berasal dari orang kaya, ukuran batu mempengaruhi strata sosial semakin tinggi batu itu dibuat, semakin besar kerbau yang digunakan selama upacara kematian dan semakin tinggi tingkat kebangsawanan orang tersebut.

Lokasi: Bori, Sesean, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Harga tiket: Rp5.000 (parkir)

8. Berdiri di Pegunungan Karst Terbesar di Dunia, Taman Prasejarah Leang Leang

Kredit gambar: @dhebyayudiah

Tempat wisata Tana Toraja ini terletak di Taman Nasional Bantimurung, tepatnya di daerah Maros Pangkep. Area ini adalah Taman Nasional karena ada area karst terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou, Cina. Taman prasejarah Leang Leang memiliki luas 43750 hektar dengan 286 gua, 30 di antaranya adalah gua bersejarah. Karakteristik jenis batuan di Maros persis sama dengan yang ada di Guangzhou dan Teluk Halong, Vietnam.

Kredit gambar: @ rya_hariana7

Daerah ini adalah tempat yang mendidik, karena pengunjung dapat melihat langsung bukti nyata keberadaan manusia prasejarah. Bukti telapak tangan manusia purba dilukis di dinding gua. Mereka juga meninggalkan foto-foto binatang seperti babi hutan, ikan, dan manusia. Gua Karst adalah rumah bagi manusia purba karena kondisi tanahnya yang subur dan persediaan air tanah yang berlimpah, yang sangat baik untuk bertahan hidup.

Lokasi: Taman Nasional Bantimurung
Harga tiket: 10.000 Rupiah per orang

9. Kunjungi Rammang Rammang saat tinggal di dunia Avatar The Legend of Aang

Kredit gambar: @her_journeys

Rammang-Rammang adalah tempat wisata Tana Toraja yang menunjukkan pemandangan pegunungan karst Maros Pangkep. Wilayah ini telah menjadi taman nasional geopark yang dilindungi oleh UNESCO. Pemandangannya sangat indah persis seperti di film-film The Legend of Aang avatar. Perbukitan karst yang membumbung tinggi, dan perairan luas yang menghiasi mereka membuat wisatawan tidak sabar untuk mengabadikan momen-momen di daerah epik ini.

Kredit gambar: @deliaoctaviani

Pengunjung diperbolehkan naik perahu sambil melihat pemandangan alam yang luas. Waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan adalah di pagi hari, ketika tempat ini masih diselimuti kabut yang kemudian perlahan menghilang setelah matahari muncul.

Lokasi: Rammang-Rammang, Maros Pangkep
Harga tiket: 300.000 IDR (untuk menyewa kapal dengan kapasitas 10 orang, per orang 30 ribu)

10. Gunung Nona, mitos yang mengingatkan kita pada etiket

Kredit gambar: @ masra.suyuti

Gunung Nona menjadi terkenal karena namanya yang berasal dari penampilan dan bentuk gunung. Dikatakan bahwa bentuk gunung ini mirip dengan alat kelamin wanita, sehingga penduduk setempat menamai gunung ini & # 39; Gunung Miss & # 39 ;. Banyak hal dapat dilakukan di sini, terutama mengagumi keindahan alam yang mengesankan. Tanah subur dan lanskap Toraja yang unik adalah daya tarik utama.

Lokasi: Jl. Sumbu Enrekang-Makale, Bamba Puang, Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.
Harga tiket: Gratis

11. Mengunjungi negara di atas awan, Ke Tombi

Kredit gambar: @ achiel_04

Tana Toraja Tourist Attraction yang cocok sebagai tujuan berkemah adalah Toombi. Menawarkan udara sejuk, dan memiliki ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, pengunjung dapat melihat pemandangan istimewa di pagi hari karena kombinasi matahari terbit dan kabut yang mengesankan. Selain berkemah, Anda juga dapat menambahkan koleksi foto di akun Instagram Anda karena ada banyak tempat indah di Toombi seperti taman bunga, jembatan, dan bersepeda di atas ketinggian.

Lokasi: Lolai, Kepala Pitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan
Harga tiket: 15.000 IDR per orang

12. Nikmati pesona alam Sarambu Sikore

Kredit gambar: @deliguorisari

Terletak 50 kilometer dari kota Rantepao, Sarambu Sikore menyuguhkan pesona air terjun alami dengan nuansa menenangkan dan menyegarkan. Dengan akses mudah, Sarambu Sikore adalah salah satu tujuan wisata menarik di Tana Toraja untuk dikunjungi. Suasana alamnya alami, air terjunnya masih bersih dan debit airnya sangat deras, liburan Anda di air terjun ini dijamin akan mengesankan. Bentang alam ini didukung oleh hutan rindang, dengan nyanyian burung dari pagi hingga sore.

Lokasi: Lembang Salu, Kabupaten Sopai, Toraja Utara.
Harga tiket: Gratis

Baca juga: 20 Destinasi Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Badai

Sudah tahu ke mana harus pergi selama perjalanan ke Tana Toraja, kan?

Pos 12 Tana Toraja Atraksi Menarik untuk Dikunjungi muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin