Jika dilihat dari bentang alamnya saja, Lombok dan Bali memiliki banyak kesamaan. Kedua pulau tetangga ini memiliki banyak pantai yang indah, gunung yang menyegarkan dan pemandangan alam, dan ombak yang sempurna untuk berselancar. Pembeda utama adalah bahwa Bali telah terjebak namanya di arena pariwisata internasional sementara Lombok masih dalam tahap pergi ke sana.

Itu juga sebabnya turis asing yang menjuluki Lombok sebagai Bali masih alami & # 39 ;. Ada banyak tempat wisata di Lombok yang belum tersentuh oleh pembangunan. Lombok Barat yang berbatasan langsung dengan Bali dapat menjadi tujuan pilihan yang baik karena memiliki jenis pariwisata yang sangat beragam; dari hutan dan sumber air jernih, untuk menyelam dengan predator di dasar lautan.

Ada banyak pilihan untuk semua orang, dari mereka yang suka berpesta hingga mereka yang ingin sendirian di pantai yang terasa seperti milik pribadi. 12 Tujuan wisata ini di Lombok Barat akan membuat Anda mengerti mengapa Lombok tidak kalah dari Bali.

1 Bersenang-senang tanpa henti di Pantai Senggigi yang indah

Kredit gambar: teamkk.official

Dapat dikatakan bahwa Pantai Senggigi adalah tujuan pertama di Pulau Lombok yang dikenal secara internasional. Garis pantai panjang di pantai barat pulau itu dihiasi dengan pantai pasir putih yang indah. Jadi jangan heran jika Anda berjalan di sepanjang pantai dan melihat seolah-olah keindahan pantai ini seperti tak ada habisnya. Ombaknya bagus untuk peselancar pemula dan jika Anda ingin berenang, snorkeling atau mungkin menyelam, keindahan tempat wisata terumbu karang di Lombok Barat akan memikat Anda.

Kredit gambar: tarinaminusta

Nah, bagi Anda yang suka berpesta, Senggigi adalah salah satu tempat terbaik di Lombok untuk melakukannya. Ada banyak klub malam dan bar untuk Anda yang suka dunia malam. Jalan-jalan di Senggigi juga sudah sangat bagus, Anda tidak akan kesulitan mencapai atau bahkan menjelajah di daerah ini dengan sepeda motor atau mobil. Jika Anda suka memancing, Anda juga dapat memesan paket yang akan membawa Anda ke memancing di laut.

Lokasi: Jalan Raya Senggigi, Kabupaten Batu Layar, Lombok Barat
Harga tiket masuk: Gratis.

2. Kunjungi pulau cinta kecil, Gili Kedis dan sekitarnya

Kredit gambar: fabiankiby

Salah satu keunggulan utama Lombok dibandingkan dengan Bali adalah Lombok dikelilingi oleh banyak pulau kecil yang eksotis. Gili Kedis misalnya. Pulau ini hanya beberapa ratus meter persegi, Anda mungkin dapat berjalan di sekitarnya hanya dalam 10 menit. Gili Kedis sepenuhnya terbentuk dari pasir putih halus. Hanya ada beberapa pohon dan batu di sana. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka fotografi, terutama yang menggunakan drone. Karena bentuk pulau ini menyerupai hati, banyak juga yang memberi label pulau cinta.

Kredit gambar: zanzibalibok

Di sekitar Gili Kedis ada juga pulau-pulau lain seperti Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Tangkong. Ukurannya jauh lebih besar dari Gili Kedis tetapi semuanya masih sepenuhnya alami. Hanya ada beberapa resor dan losmen di sana, sehingga keindahan alamnya masih sangat terawat. Semua pulau-pulau ini berdekatan dan dapat dilihat satu sama lain.

Kredit gambar: jambigilang

Di salah satu tempat wisata populer di Lombok Barat Anda dapat menemukan pantai pasir putih yang masih asli dan keindahan bawah laut yang luar biasa. Perairannya relatif tenang sehingga sangat aman untuk kegiatan air seperti snorkeling dan menyelam. Cobalah menyapa ikan berwarna-warni yang dapat Anda temukan di air kebiru-biruan yang dangkal di sana. Lihat juga karang yang masih sehat dan penuh kehidupan, rumah makhluk laut.

Lokasi: Desa Sekotong Barat, Kabupaten Sekotong, Lombok Barat
Harga tiket masuk: Gratis, harga sewa kapal bervariasi tergantung paket perjalanan.

3. Kunjungi replika spiritual Gunung Rinjani di Taman Narmada

Kredit gambar: ibuubuko

Pada 1727, Raja Anak Agung Ngurah Karangasem tidak lagi dapat mendaki Gunung Rinjani untuk melaksanakan Upacara Pekelan. Agar dapat terus berdoa, raja kemudian membangun taman sebagai miniatur Rinjani di desa Lembuak, sekitar 10 km sebelah timur kota Mataram. Taman ini dilengkapi dengan kolam pemandian, kamar tidur ratu, dan kuil untuk keperluan ibadah. Kolam pemandian raja kini telah menjadi kolam publik yang menyegarkan.

Kredit gambar: perjalanan tily

Air di taman ini berasal dari tiga sumber di Gunung Rinjani; Narmada, Lingsar dan Suranadi. Dikatakan bahwa air di sini, terutama di Bale Petirtaan, diyakini membuat Anda awet muda, lho! Perlu dicoba bagi mereka yang menginginkan kulit sehat selalu. Tetapi Anda juga harus selalu menghormati, karena bagian dari Pura Taman Narmada ini adalah tempat suci bagi umat Hindu. Selain wisata air, Taman Narmada juga Instagramable Betulkah!

Lokasi: Jalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat.
Jam buka: Setiap hari, 9:00 – 17:00
Harga tiket masuk: Rp5.000 (turis lokal) dan Rp10.000 (turis asing).

4. Menabrak ombak di Desert Point dan Bangko-Bangko

Kredit gambar: sebastianrojasphoto

Di salah satu sudut barat daya Lombok, 70 kilometer dari Mataram, di semenanjung Sekotong, ada tempat selancar rahasia. Pantai Bangko-Bangko dan Gurun Point tidak terlalu dikenal oleh sebagian besar wisatawan. Tapi bagi peselancar, tempat ini adalah surga rahasia. Karena lokasinya yang cukup terpencil dan akses yang sulit, tidak banyak turis negeri datang ke sini walaupun pantainya indah.

Kredit gambar: duduschutt

Tapi untuk peselancar, dua pantai yang berdekatan adalah surga surga di mana mereka bisa bersenang-senang hampir tak terbatas. Gelombang sepanjang 300 meter dengan ketinggian hingga 3 meter membuat penantang ombak bisa bermanuver sebanyak-banyaknya di dalam air. Menurut salah satu majalah selancar dunia, Bangko-Bangko adalah salah satu tempat selancar terbaik di alam semesta. Jadi jika Anda merasa tertantang untuk berdiri di atas ombak yang bergulung, objek wisata Lombok Barat ini wajib Anda kunjungi.

Lokasi: Jalan Raya Bangko Bangko, Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

5 Island hopping di pulau rahasia Gili Gede

Kredit gambar: sipetualangid

Kredit gambar: sipetualangid

Masih di semenanjung Sekotong, ada sekelompok pulau yang dijuluki sebagai Gili-Gili Rahasia. Gili dalam bahasa lokal memang berarti pulau. Ada Gili Gede, Gili Asahan, Gili Rengit, Gili Anyaran dan Gili Layar. Ini adalah area yang sempurna jika Anda ingin merasakan sensasi pulau melompat, alias menjelajahi dari satu pulau ke pulau lain, yang semuanya benar-benar menakjubkan.

Kredit gambar: reismeemetsandra

Gili yang paling populer dan terbesar adalah Gili Gede. Pulau ini bahkan memiliki dua danau dan memiliki banyak fasilitas pendukung untuk wisatawan. Ada juga desa nelayan di mana Anda dapat membeli dan menikmati ikan segar. Pesona utama Gili-gili Rahasia, tentu saja, adalah pantainya yang indah dengan pasir putih bersih yang lembut. Keindahan bawah lautnya juga sempurna untuk dijadikan lokasi snorkeling dan berenang.

Lokasi: Desa Gili Gede Indah, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat
Harga tiket masuk: Gratis

6. Air terjun dingin di Penimbung

Kredit gambar: riadymix

Meski namanya mirip, air terjun Penimbung dan Penimbungan adalah dua destinasi berbeda. Penimbung berada di Lombok Barat sedangkan Penimbungan di Lombok Utara. Air Terjun Penimbung berada di Desa Penimbung, Kabupaten Gunung Sari, Lombok Barat. Desa Penimbung memiliki beberapa titik air terjun yang bisa Anda kunjungi.

Kredit gambar: ramah lombok

Meskipun ada sejumlah tempat, semuanya masih disebut hanya dengan nama desa mereka. Air terjun di sini tidak terlalu tinggi, tetapi memiliki keunikan tersendiri. Ada air terjun kembar yang mengalir ke kolam alami. Anda bisa berenang di kolam renang segar di sini. Lalu ada juga air terjun tersembunyi yang lokasinya ditutupi oleh tebing dan kolam. Berikutnya yang paling populer adalah air terjun yang memiliki aliran air yang cukup besar dan menghasilkan busa putih pada batuan hitam. Semuanya fotogenik! Anda harus membawa kamera jika datang ke sini.

Lokasi: Desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

7. Nikmati kesegaran 6 pancuran dan 40 mata air di Hutan Perlindungan Sesaot

Kredit gambar: masdenii

Di kaki Gunung Rinjani, Hutan Perlindungan Sesaot sejuk dan akan membuat siapa pun berkunjung merasa di rumah. Suasana hutan masih terjaga secara alami, ditambah dengan derasnya air di mana pun langkah kaki akan membuat pikiran menjadi tenang. Semua masalah akan segera terlupakan.

Kredit gambar: nirwanmulyawardana

Hutan ini konon memiliki 40 mata air yang akhirnya membentuk sungai. Namun di semak Sesaot, ada beberapa poin yang harus Anda kunjungi. Yang pertama adalah kolam Aiq Nyet yang berarti & # 39; Kolam Air Dingin & # 39 ;. Kolam ini lebih mirip danau alami dengan air yang selalu jernih. Lalu ada Pancor Enem, enam pancuran yang airnya tidak pernah kering bahkan di musim kemarau. Jika lapar, warung di sekitar kolam renang menawarkan makanan khas Lombok; Sate Bulayak yang membangkitkan selera.

Lokasi: Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.
Jam buka: Setiap hari, 9:00 – 17:00
Harga tiket masuk: 5.000 Rupiah per orang

8. Hapus laguna dan pulau karang di Pantai Panggang

Kredit gambar: vian.inside

Struktur pantai di bagian selatan Lombok sebagian besar tebing batu tinggi dengan arus bawah yang kuat. Sedikit mirip dengan ujung selatan Bali di Tanjung Benoa, dari Uluwatu ke Gunung Payung. Hanya daerah yang dipeluk yang dapat memiliki pantai dengan ombak yang tenang dan pasir putih. Namun tebing dan batu karang juga merupakan daya tarik tersendiri. Pantai Panggang adalah buktinya.

Kredit gambar: panz_lombok_liah

Cobalah untuk menikmati keindahan keseluruhan Pantai Panggang dari atas bukit. Anda akan melihat banyak pulau karang berserakan, selalu dilanda ombak yang dahsyat. Tetapi di tengah-tengah semua kengerian yang indah itu, ada tempat yang tenang dalam bentuk laguna yang dilindungi oleh dinding karang. Laguna yang bernama Tanjung Pengeroh ini mirip dengan Angel Billabong di Nusa Penida. Sangat cocok untuk cuaca basah saat cuaca panas.

Lokasi: Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

9. Tes menyelam yang dikelilingi oleh hiu di Teluk Belongas

Kredit gambar: nonnida

Meski jalan menuju teluk Belongas masih belum terlalu bagus, namun tempat ini menawarkan petualangan luar biasa bagi mereka yang berani. Pantai di teluk ini sangat panjang, bentuknya melengkung, dan memiliki pasir putih yang indah. Tak perlu dikatakan, pantai ini masih sangat alami. Namun keindahan sejati di teluk ini berada di bawah air.

Kredit gambar: iva.icarver

Jika Anda suka menyelam, rasakan sensasi menyelam dengan hiu di Magnet Point, titik menyelam di lepas pantai Belongas. Anda harus naik perahu untuk sampai ke sana. Tidak semua orang diizinkan menyelam di sini karena lokasi ini termasuk dalam kategori ekstrim. Hanya penyelam dengan lisensi khusus yang dapat mengobrol dengan koleksi hiu martil yang tinggal di sana.

Lokasi: Jalan Raya Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat
Harga tiket masuk: Gratis

10. Merasa seperti memiliki pantai pribadi di Mekaki

Kredit gambar: bppdntb

Jika Anda datang ke Pantai Mekaki, Anda tidak hanya akan mendapatkan pantai yang indah, tetapi juga perjalanan yang tak terlupakan. Sebelumnya, pantai ini disebut sebagai surga tersembunyi karena jarang dikunjungi wisatawan karena aksesnya yang sulit. Tapi sekarang jalan menuju Mekaki lancar dan mulus. Jalan ini memiliki kurva yang indah dengan pemandangan perbukitan dan pantai yang fantastis. Anda tidak akan bosan saat berada di jalan.

Kredit gambar: fajaralexa

Pantai itu sendiri sangat panjang dengan pasir putih halus dan air yang relatif tenang. Tidak banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini dan semuanya masih alami. Tetapi Anda juga tidak perlu khawatir tentang pantai yang kotor atau terlalu penuh turis. Jika Anda datang pada hari kerja, Mekaki dijamin akan terasa seperti pantai pribadi Anda sendiri. Selain itu, pantai ini juga merupakan tempat acara tahunan Marathi Marathi yang bertanding dalam maraton 5K dan 10K.

Lokasi: Jl. Raya Mekaki, Pelangan, Distrik Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

11. Keajaiban air terjun garam di Pantai Nambung

Kredit gambar: lalurizeka_jaya

Tidak banyak air terjun yang mengalir langsung ke laut atau pantai di Indonesia. Bahkan lebih sedikit air terjun yang membawa air asin ke laut. Itulah yang dapat Anda temukan di Pantai Nambung. Dari tebing di sisi laguna yang tenang, akan ada semburan air dan kemudian diikuti oleh air terjun setiap kali gelombang datang. Air terjun ini memiliki nama lokal & # 39; Tanjung Jagog & # 39 ;.

Kredit gambar: stepenpen

Ya, air terjun di Pantai Nambung memang tercipta dari gelombang pasang yang menghantam karang, kemudian mengalir ke sisi lain. Meski tidak berlangsung terus-menerus, namun pertunjukan alam ini sangat spektakuler. Untuk sampai ke tempat wisata Lombok Barat, Anda harus berjalan melewati bebatuan. Anda bisa berenang di laguna sambil menunggu air terjun yang datang secara teratur. Sangat menarik

Lokasi: Dusun Pengantap, Desa Buwun Mas, Kabupaten Sekotong, Lombok Barat.
Harga tiket masuk: Gratis

12. Menjadi pengagum senja oranye di Bukit Malimbu

Kredit gambar: barli8js

Jika Anda menjelajahi pantai barat Lombok, Anda akan melewati jalan berliku naik dan turun. Jalan tepi laut dari Mataram, melalui Senggigi, Malimbu, ke Pamenang adalah rute khusus. Ini menantang, tetapi hadiahnya juga menggoda. Di sepanjang jalan, Anda akan melihat pemandangan yang menakjubkan dari pantai dan bukit di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara.

Kredit gambar: zaqyiqbl

Cobalah datang ke Bukit Malimbu pada sore sebelum matahari terbenam. Anda akan terpana dengan matahari terbenam oranye keemasan yang bergolak. Pilih salah satu sudut Malimbu untuk mengagumi langit yang berubah warna sebelum kegelapan menyelimutinya. Dari Malimbu, Anda juga dapat melihat Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gunung Agung di Bali dari kejauhan.

Lokasi: Bukit Malimbu I dan Malimbu II. Jalan Raya Malimbu, Pamenang
Harga tiket masuk: Gratis

Baca juga: 9 Tempat Kuliner Makan Lombok Harus Dicoba Untuk Pengalaman Otentik

Jadi, apakah Anda siap menjelajah tempat wisata di Lombok Barat? Pastikan Anda mempersiapkan rencana perjalanan yang tepat untuk menjelajahi banyak keajaiban di bagian dunia yang menakjubkan ini.

Pos 12 Tempat Wisata Lombok Barat yang Menarik Dan Mengesankan muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin