Merencanakan perjalanan dan liburan di Semarang? Jika demikian, jangan bawa cendera mata dari Semarang ke kerabat atau teman dan teman Anda di kota asal Anda!

Semarang sendiri merupakan titik pertemuan banyak budaya selama ratusan tahun. Banyak peninggalan bersejarah berupa bangunan, desa, dan juga makanan. Lumpia Semarang misalnya, makanan dari Cina dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di Semarang.

Bagi Anda yang sedang, atau akan mengunjungi ibukota Provinsi Jawa Tengah, ada banyak suvenir yang bisa Anda bawa pulang. Lihatlah beberapa cenderamata khas Semarang berikut ini.

1. Yang paling wajib: lumpia!

Kredit gambar: @ bemp777

Anda belum pernah ke Semarang jika Anda belum menikmati lumpia. Lumpia semarang adalah spesial, dibuat dengan resep yang telah diwariskan turun-temurun dengan rasa yang lezat. Di kota ini Anda dapat menemukan beberapa penjual lumpia legendaris seperti Lumpia Mbak Lien, Lumpia Cik Me Me, geng Lumpia Lombok, dan lainnya.

Kredit gambar: @lunpiacikmeme

Lumpia tradisional di Semarang mengandung rebung (bambu muda). Rasanya enak, dengan tekstur renyah di luar dan relatif lebih lembut di dalam. Selain lumpia kering, Anda juga bisa membeli lumpia basah. Perbedaan yang paling mencolok adalah warna. Lumpia kering berwarna cokelat keemasan, sedangkan lumpia basah berwarna putih.

Baca juga: Nendang dan Maknyus, 8 Spring Rolls Semarang Harus Anda Coba

2. Bandeng Presto, ikan dengan tulang lunak

Kredit gambar: @mayasefry

Selain lumpia, makanan khas Semarang lainnya adalah Bandeng Presto. Bandeng dimasak pada suhu tinggi dalam wajan bertekanan tinggi. Hasilnya, tidak hanya daging susu lunak, tetapi juga ke duri. Dengan duri lunak, bandeng presto ini aman untuk dimakan tanpa takut ditusuk.

Kredit gambar: @ otak.otak.bandeng.hj_nok

Untuk suvenir, bandeng presto ini biasanya dikemas dalam plastik kedap udara sehingga bisa bertahan lama. Ada beberapa merek bandeng presto terkenal dari Semarang. Bandeng Juwana, Bandeng Bonafide, Bandeng Presto, Rumah Bandeng Hj. Djum, dan banyak lainnya. Ada orang yang suka makan bandeng presto secara langsung, tetapi biasanya bandeng ini digoreng sebelum dimakan.

Harga: Mulai dari Rp 50.000 per kilogram.

3. Wingko Babat sah dan membuat ketagihan

Kredit gambar: @jlina_gotoeat

Wingko adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan, gula, dan kelapa parut. Wingko memiliki tekstur manis yang lembut, berserat dan manis. Konon, babat wingko berasal dari Babat, Lamongan, Jawa Timur, tetapi popularitasnya justru naik setelah dijual di Semarang.

Kredit gambar: @ vansis.kitchen

Karena kandungannya, wingko bisa menjadi cemilan yang mengenyangkan. Makanan ini juga cukup tahan lama. Ada banyak pembuat babat lezat di Semarang dengan berbagai merek, beberapa di antaranya adalah Kereta Api Wingko Babat, Wingko Babat Dyriana dan cap Wingko Babat Tiga Tiga Kelapa Muda.

Harga: Bervariasi, sekitar Rp 7.000 per biji.

4. Tumpi, Semarang rapuh rapuh

Kredit gambar: zalehaolpin

Tumpi adalah sejenis makanan ringan yang sangat mirip dengan kacang rapuh. Enak, teksturnya juga renyah. Anda bisa makan tumpi sebagai camilan seperti keripik atau sebagai lauk, untuk teman makan nasi. Tak heran banyak orang mengatakan bahwa Tumpi adalah getas khas Semarang.

Kredit gambar: @mama_imann_in_the_house

Yang membedakan Tumpi dari rapuh kacang tanah lainnya adalah tambahannya. Di sebagian besar tempat lain, rapuh kacang biasanya ditambahkan dengan udang, ikan asin, atau kedelai. Tunggul menggunakan kacang hijau sebagai pelengkap. Makanan ringan kering ini bisa sangat tahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara.

Lokasi: Pusat industri keripik Semarang, Ungaran Barat.
Harga: Sekitar Rp70.000 per kilogram

5. Bread Odd Rails mulai langka

Kredit gambar: @ liang.er_kitchen

Dalam bahasa Indonesia, nama roti ini dapat diartikan sebagai & # 39; Bread Booster Rail & # 39 ;. Ada sejarahnya sendiri terkait dengan namanya, yaitu karena tekstur roti yang keras dan mengeras dengan warna kecoklatan, membuat orang menyamakan roti ini dengan booster kayu sebagai lelucon. Nama itu menjadi legendaris sampai sekarang!

Kredit gambar: @meyryuvie

Rel roti janjan biasanya memiliki rasa kayu manis. Roti ini sudah sangat langka, bahkan di Semarang sendiri. Di masa lalu banyak orang menjual roti ini di Pasar Johar, tetapi setelah pasar terbakar, penjual memilih untuk mengganti barang dagangan. Roti aneh kereta api baru mudah ditemukan sebelum upacara dugderan. Roti ini didistribusikan kepada penduduk selama bulan Ramadhan.

Harga: mulai dari Rp 25.000.

6. Batik Semarangan yang indah dan unik

Kredit gambar: @ami_thaytami

Setiap daerah memiliki batik dengan karakteristiknya masing-masing, termasuk Semarang. Batik Semarangan memiliki motif khusus bernama Lawang Sewu, Warak Ngendog, Tugu Muda, Blekok, dan Asam.

Kredit gambar: @vianvernanda

Semarang juga memiliki desa tematik batik di Desa Rejomulyo, Semarang Timur. Juga dikenal sebagai Kampoeng Djadhoel, desa ini diresmikan pada Oktober 2017. Jadi jika Anda ingin membawa pulang kain batik yang indah, datang saja ke desa ini. Selain bisa berbelanja batik, Anda juga bisa melihat bagaimana proses pembuatan batik di Semarang.

Lokasi: Kelurahan Rejomulyo, Kabupaten Semarang Timur, Kota Semarang.
Harga: Bervariasi, mulai dari Rp 100.000 per meter.

7. Tahu Baxo yang lezat

Kredit gambar: @anakjajan

Tahu Bakso bukanlah makanan khas kota Semarang. Namun, bakso daging sapi tahu Semarang memiliki karakteristik unik yang membuatnya terkenal, termasuk rasanya yang enak, harga murah dan banyak pilihan. Satu hal lagi, bakso tahu di Semarang ditulis dengan "X" untuk menggantikan "KS" pada bakso, yang menjadi "Tahu Baxo".

Kredit gambar: @lumpiasemarang_mini

Pelopor Tahu Baxo adalah Ibu Pudji. Produk Bu Pudji dijual di banyak tempat di kota Semarang. Selain itu, ada banyak bisnis serupa lainnya yang juga mencoba mengimbangi popularitas Tahu Baxo Bu Pudji. Asyiknya, Anda punya banyak pilihan merek untuk membeli tahu baxo di Semarang.

Harga: Sekitar Rp. 3.000 hingga 4.000 per benih.

8. Moini Gemini kenyal, bulat, dan lezat

Kredit gambar: @mgdalenaf

Salah satu harta kuliner Semarang yang mulai populer adalah kue moci atau moaci. Meskipun ini bukan kue tradisional Semarang, sentuhan lokal yang diberikan oleh pembuat moaci di kota ini membuat suvenir Semarang yang unik ini menjadi unik. Moaci sendiri terbuat dari tepung beras ketan dan isian kacang lembut yang lezat. Yang membedakan moaci Semarang dari yang lain adalah taburan wijen pada kulit moaci.

Kredit gambar: @moacigeminisemarang

Salah satu produsen Moaci yang paling terkenal di Semarang adalah Moaci Gemini. Merek ini telah ada selama lebih dari 30 tahun. Dulunya, moaci dianggap sebagai camilan pasar yang kemudian dimodifikasi untuk memiliki karakteristik khusus. Moaci Gemini sangat ramai dikunjungi turis, terutama saat musim mudik lebaran.

Lokasi: Jl Kentangan Barat No. 101 Semarang
Harga: Mulai dari Rp20.000 per 10 biji.

9. Lontong Spekkoek Waiki, sandwich dalam gulungan kue beras

Kredit gambar: @sbyfoodie

Kue spekkoek adalah kue lapis dari Belanda. Asli dari Eropa, kue ini kemudian dibuat dengan berbagai bahan yang dapat ditemukan di Indonesia. Di Semarang, yang terkenal adalah Lontong Spekkoek Waiki.

Biasanya, kue lapis akan dibuat dalam bentuk kotak dan dengan ukuran yang cukup besar. Namun di Semarang, yang populer adalah specekek yang dijual dalam kemasan mirip lontong. Ukurannya relatif kecil dan harganya juga murah. Anda juga bisa melihat langsung pembuatan oleh-oleh khas Semarang ini di pabrik, lho!

Lokasi: Jalan Senjoyo II No. 1, Bugangan, Semarang Timur
Harga: Mulai dari Rp20.000 per gulung kue beras.

10. Cookie Sarang Madu yang renyah dan gurih

Kue Honeycomb adalah kue tradisional lama yang sudah ada di Semarang sejak berabad-abad lalu. Kadang-kadang orang juga menyebutnya kue burung karena penampilannya secara tidak teratur. Bahan dasar kue ini adalah tepung beras, santan, dan bumbu unik. Rasanya gurih dengan tekstur renyah.

Kredit gambar: @ nene.chenz

Kue honeycomb biasanya juga ditutup dengan gula cair atau madu. Rasanya akan lebih enak. Kerenyahan kue, dipadukan dengan rasa nasi dan santan yang gurih, rasanya bahkan lebih lezat dengan manisnya gula cair atau permen kapas. Berhati-hatilah saat membawanya pulang, karena kue honeycomb ini cenderung pecah jika berada di bawah tekanan.

Harga: Mulai dari Rp 36.000 per karton.

11. Kopi Khas Semarang yang menghasilkan melek huruf

Kredit gambar: @kampoeng_kopi_banaran

Produksi kopi di Semarang mungkin memang tidak setenar kopi spesialisasi Orang Indonesia lainnya, seperti Kopi Gayo Aceh, Lampung, Bali Kintamani, atau Toraja. Namun geliat produksi kopi khas Semarang mulai terdengar menggema, salah satunya berkat kemajuan pesat pariwisata di daerah ini.

Kredit gambar: @janti_jap

Kopi khas Semarang yang pertama adalah Kopi Gunung Kelir yang berasal dari Kabupaten Jambu. Anda bisa datang langsung ke tempat itu untuk menikmati minuman kopi atau membeli biji dan bubuk secara langsung. Ada juga kopi Banaran. Tempat ini bahkan telah menahbiskan dirinya sebagai Kampoeng Kopi Banaran yang memproduksi dan mengolah kopi lokal serta menarik wisatawan untuk datang.

Lokasi: Kopi Gunung Kelir – Dusun Sirap, Kecamatan Desa, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang
Kopi Banaran – Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang.
Harga: Bervariasi

12. Brilliant Bread, roti lezat di istana yang penuh warna

Kredit gambar: @istanabrilian

Satu lagi makanan khas Semarang yang layak Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh, yaitu Roti Brilian. Sukses bertahan selama lebih dari 25 tahun, keistimewaan roti ini adalah rasanya yang manis tetapi tidak membuatnya tidak nyaman. Selain itu, bahan yang digunakan adalah bahan pilihan dan tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Kredit gambar: milostphoto

Roti Brillian sudah menghasilkan berbagai rasa, mulai dari coklat, almond, keju, cappuccino, dan banyak lagi. Yang unik, gerai resmi roti Brillian terlihat seperti istana. Dari luar, Anda mungkin berpikir ini adalah toko mainan karena bentuk dan warnanya.

Lokasi: Jalan Simpang Lima, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.
Harga: 100.000 IDR per kotak.

Baca juga: 13 Tempat Wisata di Alam Keren Semarang

Apakah Anda siap untuk mengeksplorasi kekayaan Semarang? Hati-hati, berburu oleh-oleh khas Semarang dapat menghabiskan waktu wisata Anda, karena beragam pilihan. Putuskan apa yang Anda inginkan terlebih dahulu untuk menghemat waktu.

Posting 12 Souvenir Unik yang Harus Anda Bawa Pulang muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin