Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau. Sebagai salah satu daerah terluar di Republik Indonesia, Kepulauan Anambas memang memiliki akses yang relatif terbatas. Lokasinya yang berada di tengah laut membuat Kepulauan Anambas hanya dapat diakses dengan perahu atau pesawat terbang, yang berarti juga tidak mudah menjadi tujuan wisata.

Akses yang sulit ke Kepulauan Anambas membuat banyak keindahan tempat ini jarang terekspos. Ada banyak pulau eksotis dan pantai menawan yang bisa Anda jelajahi di Kepulauan Anambas. Yang pasti, Anda harus menyiapkan rencana perjalanan dengan hati-hati karena pindah dari satu tempat ke tempat lain tidak akan mudah. Berikut adalah beberapa kegiatan wisata yang harus Anda lakukan ketika mengunjungi Kepulauan Anambas.

1 Island hopping di kepulauan indah Penjalin

Kredit gambar: @missscubaindo

Pulau Penjalin adalah kepulauan kecil di Anambas. Akses ke pertenunan dapat melalui Tarempa, ibukota kabupaten. Tidak ada transportasi umum reguler untuk sampai ke sini, jadi Anda harus menyewa speed boat atau perahu pompong dari Tarempa. Tapi jangan khawatir, karena menenun memang tempat yang patut diperjuangkan.

Kredit gambar: @ dedysaputra90

Ada kelompok pulau tropis kecil yang khas dari pantai berpasir putih. Selain bisa menjelajahi keindahan satu pulau ke pulau lain, Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan menarik. Snorkeling, berenang di perairan dangkal yang tenang, atau hanya bersantai di pulau damai yang belum tersentuh oleh perkembangan manusia. Anda bisa malas pulang karena tidak ingin berpisah dengan keindahan penenun.

2. Menginap di resor kelas dunia Pulau Bawah

Kredit gambar: @bawahreserve

Pulau Bawah lebih terkenal dengan keberadaan Bawah Reserve, sebuah resor mewah super yang menargetkan turis kelas atas, sebagian besar dari luar negeri. Turunkan Reserve akan membuat Anda berpikir tentang Bora Bora, sebuah resor yang berdiri di atas laut pirus, dengan sebuah pulau kecil yang penuh dengan tanaman alami. Tak perlu dikatakan, tempat ini adalah tujuan staycation menawan.

Kredit gambar: @bawahreserve

Tetapi Anda tidak bisa datang ke sini dengan sembarangan. Untuk menginap di resor ini, Anda harus melakukan reservasi dengan verifikasi data terlebih dahulu. Pengunjung resor biasanya akan dijemput di Bandara Hang Nadim, Batam. Anda juga dapat mengakses Pulau Bawah dari Tarempa dengan speed boat, tetapi Anda akan membutuhkan sekitar empat hingga lima jam. Yang unik, waktu di Pulau Bawah tidak mengikuti Waktu Indonesia Barat, tetapi satu setengah jam lebih cepat.

3. Nikmati matahari terbenam di Pantai Arung Hijau

Kredit gambar: @ anggoro1994

Pantai Arung Hijau sebenarnya bukan pantai terindah di Anambas. Pantai ini tidak memiliki pasir putih, tetapi lebih banyak diisi dengan bebatuan. Perairannya relatif tenang, sehingga menjadikan Green Arung tempat berenang yang menyenangkan. Lokasinya juga cukup bagus karena cukup dekat dengan Tarempa.

Kredit gambar: @fandy_electra

Keindahan utama pulau ini adalah senja. Pemandangan matahari terbenam di sini sangat spektakuler. Anda dapat melihat gradasi warna yang indah di ufuk barat, sambil mengagumi sinar keemasan matahari yang kembali. Yang mengatakan, ini adalah tempat terbaik untuk dinikmati matahari terbenam di Anambas.

4. Kunjungi pulau putih di tengah laut, Pasir Busung

Kredit gambar: @budyoke

Jika di padang pasir Anda dapat menemukan oasis, di tengah laut Anambas Anda dapat menemukan Pasir Busung. Terletak dekat dengan Pulau Penjalin, Pasir Busung adalah pulau kecil yang tampaknya muncul dari laut. Penampilan pulau itu hanya sebatas tumpukan pasir putih, tetapi itulah yang membuatnya semakin eksotis.

Kredit gambar: @budyoke

Tentu saja Anda perlu menyewa speed boat untuk sampai ke Pasir Busung karena lokasinya yang terpencil. Namun lokasi tempat wisata di Anambas tidak terlalu jauh dari penenun, sehingga Anda bisa sampai di sana relatif cepat. Pulau yang lebarnya hanya beberapa meter persegi itu super instagenik, terutama jika Anda menangkapnya dengan drone. Mau berenang santai di perairan dangkal juga bisa.

5. Kagumi kemegahan tujuh tingkat Air Terjun Temburun

Kredit gambar: @asepsaifullohdamar

Anambas bukan hanya deretan pulau yang indah dan eksotis. Kabupaten ini juga memiliki air terjun yang unik dan megah; Air Terjun Temburun. Terletak di Tarempa Timur, Anda dapat mencapai tempat ini dengan perjalanan darat selama satu jam. Jika Anda memilih naik perahu pompong, waktu tempuh yang dibutuhkan hanya setengah jam.

Kredit gambar: @kyolah

Fitur utama dari tujuan wisata ini di Anambas adalah alirannya yang memiliki tujuh tingkat. Setiap tingkat tampaknya mengubah arah aliran air sehingga tampak berkelok-kelok di bukit berbatu. Dari atas air terjun, Anda juga dapat melihat pemandangan teluk dan laut yang indah. Jangan lupa membawa kamera ke sini karena air terjun ini memang sangat fotogenik!

6 Trekking menuju puncak tertinggi Anambas di Pulau Telaga

Kredit gambar: @karunjw

Pulau unik lainnya di Anambas adalah Pulau Telaga, yang terletak di barat daya Tarempa. Pulau Telaga mudah dikenali di antara banyak pulau di Anambas karena memiliki gunung yang cukup tinggi, tertinggi di Kabupaten ini. Gunung bernama Kahwe terlihat menjulang di antara banyak pulau kecil di sekitarnya.

Kredit gambar: @asrialdilaputri

Kehidupan di Pulau Telaga sangat tenang. Pulau ini adalah rumah bagi dua desa dengan jumlah penduduk kurang dari 1.000 orang. Anda dapat menjelajahi pulau, mencoba mendaki gunung jika Anda suka tantangan seperti itu. Kondisi alam di pulau ini juga masih cukup terjaga, dengan beberapa tempat indah, termasuk pantai pasir putih dan pemandangan matahari terbenam yang indah.

7. Bermain di pantai yang menawan di Pulau Mengkian Panjang

Kredit gambar: @ tourism_anambas

Seperti kebanyakan pulau kecil di Anambas, Mengkian Panjang juga memiliki eksotisme tersendiri. Pulau ini memiliki pantai pasir putih panjang yang kondisinya masih sangat alami. Dapat dikatakan bahwa Pulau Mengkian Panjang belum tersentuh oleh perkembangan sehingga kondisi alamnya masih terjaga dengan baik.

Kredit gambar: @ lenz9an

Bermain di pantai tentu saja merupakan pilihan yang menyenangkan, tetapi perairan di sekitar Mengkian Panjang juga sangat menggoda. Dikelilingi oleh banyak pulau kecil lainnya, perairan di sini terlindung dari ombak besar sehingga menjadi lokasi yang ideal untuk berenang, snorkeling, atau hanya bermain air. Orang tua juga dapat membiarkan anak-anak mereka bermain di perairan dangkal Mengkian Panjang dengan tenang.

8. Ikut serta dalam konservasi di Pulau Durai, rumah bagi penyu sisik dan penyu belimbing

Kredit gambar: @safarmatak

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menetapkan Pulau Durai sebagai Kawasan Konservasi Air. Pulau ini bersama dengan Pahat, Penjalin, dan Pulau Mangkai adalah habitat alami di mana penyu belimbing dan penyu sisik bertelur. Durai bahkan telah dikembangkan menjadi lokasi wisata konservasi penyu. Ratusan ribu tukik (anak-anak kura-kura) telah berhasil dilepaskan ke laut dengan upaya pengawasan dan konservasi dalam beberapa tahun terakhir.

Kredit gambar: @budichilman

Tapi Durai bukan hanya tentang kura-kura. Keindahan bawah laut di pulau ini juga akan membuat Anda jatuh cinta. Airnya yang jernih dan tenang menjadikan tempat ini sangat pas sebagai lokasi berenang, snorkeling, untuk menyelam. Di sini, Anda dapat berlibur dan berwisata sambil membantu menjaga keseimbangan alami Anambas.

9. Nikmati sepotong surga bernama Pulau Temawan

Kredit gambar: @farinjupe

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Tarempa, bisa dijangkau oleh speed boat atau pompong hanya dalam setengah jam. Pulau Temawan adalah surga kecil yang dikelilingi oleh terumbu dangkal. Pulau tak berpenghuni ini adalah lokasi wisata yang ideal bagi mereka yang menginginkan kedamaian di tengah keindahan.

Kredit gambar: @elviraputriayu

Temawan menyimpan banyak keindahan, baik dari atas pulau itu sendiri hingga ke dasar laut. Anda bisa menjelajah untuk menjelajahi pulau kecil ini dengan berjalan kaki. Jika Anda ingin basah lagi, Anda bisa berenang di perairan tenang di pantai berpasir putihnya. Ke mana pun Anda pergi, Anda mendapatkan kecantikan.

10. Kunjungi Pantai Kusik dengan pulau kecilnya

Kredit gambar: @ kiki_asiska05

Pantai Kusik adalah tujuan paling populer di Pulau Jemaja, Kabupaten Anambas. Pantai ini memiliki pasir putih yang cukup luas, cocok untuk bermain bersama keluarga besar atau teman. Selain itu, ada juga dermaga dermaga yang cukup panjang. Dermaga ini adalah tempat yang ideal untuk mengambil gambar karena di mana pun Anda menghadap kamera, semua pemandangannya indah.

Kredit gambar: @akbarguntara

Ada beberapa pulau kecil di sekitar tempat wisata di Kepulauan Anambas, salah satunya bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki saat laut surut. Jika ingin berenang, air di sini sangat segar dan jernih, jauh dari segala macam polusi. Anda juga dapat menikmati kelapa muda segar yang dijual oleh penduduk di sekitar pantai untuk memuaskan dahaga Anda.

11. Pengasingan di Piugus, Anambas, Maladewa

Kredit gambar: @travelioid

Pulau Piugus sering disebut sebagai Maladewa Anambas karena keindahan panorama. Sebuah pulau kecil yang didominasi oleh tanaman hijau, Piugus dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan perairan biru kehijauan. Pulau ini bisa menjadi tempat yang ideal bagi Anda untuk melarikan diri dari kebisingan kota. Pulau ini memiliki segalanya, mulai dari pantai yang indah, daratan hijau, dan pemandangan matahari terbenam menawan.

Kredit gambar: Ester Vony

Yang istimewa, Piugus belum secara resmi ditetapkan sebagai pulau wisata. Meskipun fasilitas resor di sini tidak semewah di Lower Reserve, Anda sudah bisa mendapatkan semua kenyamanan penting. Harga menyewa ruangan pun jauh lebih ramah di kantong, dengan tampilan yang tak kalah memesona. Resor ini juga dapat menjadi tempat menginap yang ideal untuk menjelajahi Anambas.

12. Kagumi keindahan Stimulasi Selat bawah laut

Kredit gambar: @ lidya_26

Selat Rangsang adalah pantai berpasir putih yang dikelilingi oleh banyak pulau berbukit. Karena dikelilingi oleh tanah, salah satu tujuan wisata keren di Kepulauan Anambas cenderung memiliki perairan yang tenang, dengan visibilitas tinggi. Berenang atau hanya bersantai di Selat Stimulasi akan menjadi pengalaman santai dan dijamin akan menghilangkan stres.

Kredit gambar: @ tourism_anambas

Namun pesona sebenarnya dari tempat ini adalah di dalam air. Stimulasi Selat memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan. Tempat ini adalah tempat menyelam yang bagus. Terumbu karang masih sangat sehat dengan visibilitas tinggi dan air yang tenang. Snorkeling juga bisa menjadi pilihan jika Anda tidak membawa peralatan menyelam.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Pekanbaru Yang Harus Anda Kunjungi Dan Hadir

Sudah tahu banyak kegiatan wisata yang menyenangkan yang bisa dilakukan di Kepulauan Anambas, kan? Jadi kapan kamu pergi berlibur di sana?

Pos 12 Kegiatan Pariwisata yang Dapat Dilakukan di Kepulauan Anambas muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin