Seoul, Korea Selatan termasuk kota dengan biaya hidup tinggi di dunia. Namun, bukan berarti traveler tidak menjalani liburan murah selama berada di Seoul. Yang dibutuhkan memang sedikit perencanaan ekstra dan penelitian mendalam.

Untungnya kamu semua tidak perlu melakukan semua itu. Untuk bisa liburan murah di Seoul, kamu hanya harus mengikuti tips dan panduan di bawah ini. Dijamin tetap seru dan menyenangkan, lho!

1. Rencanakan wisata kamu bukan di musim liburan

liburan murah di seoul

Biasanya, Seoul ramai dikunjungi wisatawan antara April dan Mei di musim sakura, atau September hingga Oktober untuk musim gugur. Jauhi juga liburan di jadwal libur nasional, termasuk Seoilal di Januari, Chuseok atau tiga festival besar antara September dan Oktober. Untuk bisa liburan murah di Seoul, kamu bisa menghindari jadwal tersebut.

Sangat mungkin kamu mendapatkan tiket murah di luar tanggal-tanggal tersebut, atau membelinya tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan tiket promo atau program menguntungkan lainnya.

2. Pesan akomodasi murah

Image credit: Facebook Resmi Minari House

Hostel, guesthouse atau Airbnb bisa menjadi opsi terbaik memiliki akomodasi murah di Seoul. Biasanya, akomodasi tipe ini juga lokasinya di tempat yang strategis. Alasan lain memilih akomodasi tipe ini adalah fasilitas yang ditawarkan, mulai dari WiFi gratis, penyimpanan bagasi, peta kota dan juga buku panduan liburan di Seoul.

Belum punya referensi airbnb murah yang bisa dipilih saat di Seoul, klik di sini untuk mengetahuinya.

3. Tukar uang di tempat yang tepat

Menukarkan uang di Bandara Internasional Incheon bukanlah keputusan yang bijak. Akan lebih baik buat kamu menukarkan uang di money changers yang ada di pusat kota, atau langsung ke bank seperti Shinhan Bank, KEB Hana Bank, Kookmin Bank atau Woorti Bank. Standar rata-rata penukarang uang bisa dilihat di sini. Untuk nominalnya, uang Korea memiliki pecahan ₩50,000, ₩10,000, ₩5,000, dan ₩1,000 untuk uang kertas, dan ₩500, ₩100, ₩50, dan ₩10 untuk uang logam.

4. Beli kartu T-Money untuk transportasi

liburan murah di seoul

Naik taksi untuk menuju ke destinasi wisata pilihan akan menghabiskan dana liburan kamu. Akan lebih baik menggunakan angkutan umum seperti kereta MRT atau bus untuk bisa sampai ke tujuan. Kamu bisa membeli kartu T-Money, yang memiliki banyak desain menarik, untuk membeli tiket dengan harga yang relatif lebih murah. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi kereta bawah tanah Korea untuk mengetahui jadwal dan stasiun tempat pemberhentian yang dekat dengan destinasi pilihan kamu.

5. Menjelajah daerah yang tidak terlalu mahal

Image credit: Seokjin Jin

Myeongdong dan Gangnam memang menarik perhatian, tapi tidak mudah mendapatkan barang dan makanan murah di sana. Alternatif yang bisa dipilih untuk mendukung semangat liburan murah di Seoul kamu adalah dengan mengunjungi tempat-tempat anti-mainstream, seperti sekitaran Hongik University dan Ehwa University, yang memiliki banyak toko-toko unik dengan harga yang lebih terjangkau. Kawasan Hongdae juga menjadi kawasan yang asyik untuk dijelajahi.

6. Ikut tur jalan-jalan gratisan bersama pelajar Korea

liburan murah di seoul

Ada paket tur jalan-jalan gratisan untuk bisa menikmati atmosfer Seoul yang khas. Lebih asyik lagi, ada guide pelajar Korea yang membantu kamu memberikan informasi mengenai tempat yang dikunjungi. Kamu bisa melakukan pemesanan online di SeoulMate dan Meteor Youth untuk mengikuti tur ini.

7. Makan di restoran Korea jika liburan dalam grup besar

liburan murah di seoul

Ada tips asyik untuk bisa liburan murah di Seoul, terutama soal makanan. Jika kamu datang ke Korea dalam jumlah besar, kamu bisa menuju ke restoran Korea untuk mengisi perut. Biasanya restoran di Korea menghidangkan makanan dalam porsi besar, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Cobain deh!

8. Makanan kaki lima Korea untuk mengisi perut

liburan murah di seoul
Image credit: Ian Valerio

Jika kamu liburan ke Korea secara solo, tempat terbaik (dan termurah) untuk mengisi perut dengan makanan berkualitas adalah dengan menikmati panganan kaki lima. Banyak yang menjual BBQ ala Korea dengan harga antara 10,000 IDR hingga 60,000 IDR, seperti odeng (kue ikan) hingga tteokbokki (kue beras pedas).

9. Belanja suvenir murah di pasar tradisional Korea

Image credit: Adli Wahid (left); Markus Winkler (right)

Belanja biasanya tidak masuk dalam daftar aktivitas dan liburan murah yang bisa dilakukan di Seoul. Namun jika harus melakukannya, kamu bisa langsung menuju ke Gwangjang Market dan Namdaemun Market yang menjual banyak tas, kerajinan tangan. tekstik, keramik, perhiasan dan banyak lagi lainnya dengan harga terjangkau.

10. Lakukan semua aktivitas wisata gratisan di Seoul

liburan murah di seoul

Banyak sekali aktivitas wisata gratis yang bisa dilakukan di Seoul, mulai dari mengunjungi kawasan penuh nilai sejarah, bersantai di taman yang indah hingga mengunjung museum yang mengesankan. Kamu bisa membaca lebih lengkap di sini.

Baca juga: 30 Aktivitas di Seoul untuk Kunjungan Pertamamu (Update Juli 2020)

Demikianlah tips bisa liburan murah di Seoul, Korea, tanpa harus membuat kamu menguras uang di tabungan hanya untuk bersenang-senang. Silahkan dicoba!

The post 10 Tips Untuk Liburan Murah Di Seoul Agar Bisa Tetap Menyenangkan appeared first on TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin