Dari barat ke timur, utara ke selatan, Bandung adalah salah satu tujuan wisata yang menyenangkan di Indonesia. Udara yang sejuk, pemandangan yang indah dan akses yang mudah ke hampir semua tempat wisata juga merupakan salah satu alasan mengapa ibukota Jawa Barat telah menjadi tujuan wisata yang populer bagi masyarakat Indonesia. Pilihan pariwisata sangat beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan juga menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, Kabupaten Bandung Barat adalah salah satu pusat wisata di wilayah ini. Yang paling terkenal tentu saja adalah kawasan Lembang dengan banyak destinasi buatan yang asik. Namun Bandung Barat juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang tak kalah memukau. Berikut ini beberapa contohnya.

1. Romantisisme dan Kesejukan dari Puncak Pingping Eurad

Kredit gambar: @apitoo

Puncak Pingping Lembang Eurad berada di daerah perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. Lokasinya di atas bukit, menawarkan udara sejuk dan pemandangan hijau yang indah adalah daya tarik utama dari tempat wisata ini.

Kredit gambar: @ mdzikri_12

Untuk sampai ke lokasi ini, Anda akan melewati perkebunan teh dan hutan pinus. Semuanya indah dan fotogenik. Tempat ini sudah memiliki beberapa tempat yang khusus dibuat untuk foto. Eurad Peak juga sangat romantis untuk pasangan. Banyak tempat yang bisa Anda gunakan untuk membuat kenangan indah bersama.

Lokasi: Jalan Cibodas – Ciater, Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Gratis

2. Sungai Cikahuripan, Green CanyonBandung Barat

Kredit gambar: @shereneon

Hal yang paling menarik di wilayah sungai Cikahuripan adalah keberadaan tebing curam yang berada di tepian sungai. Banyak yang menyamakan pemandangan di Cikahuripan dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Kredit gambar: @mochamdjamalfarizqi

Sungai Cikahuripan terbentuk dari anak sungai Purba Citarum. Aliran air mengikis batuan untuk membentuk ngarai curam yang sangat instagenik. Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan berbagai aliran. Beberapa tenang seperti kolam, beberapa mengalir bebas di antara bebatuan. Anda juga bisa bermain air di sini karena airnya memang bersih.

Lokasi: Desa Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10.000 IDR

3. Keindahan tersembunyi di Curug Ngebul

Kredit gambar: @ sigotik91

Jangan salah dengan Curug Ngebul yang ada di Cianjur. Air terjun ini terletak di Bandung Barat, tepatnya di Kampung Cisitu. Tempat ini masih perawan dan belum tersentuh oleh pengembangan pariwisata. Lokasinya yang relatif terpencil juga membuat air terjun ini relatif sulit diakses. Anda akan membutuhkan usaha ekstra untuk dapat menikmati keindahan alam Curug Ngebul.

Kredit gambar: @_kopites_man

Curug Ngebul memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dengan lebar lima meter. Air terjun ini terdiri dari dua level. Air terjun pertama adalah air terjun tunggal, aliran yang kemudian membentuk air terjun lebar, rendah. Ini membuat pemandangan di Curug Ngebul menjadi istimewa, terutama ketika difoto dari kejauhan.

Lokasi: Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kabupaten Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10.000 IDR

4. Tempat mandi bidadari di Sanghyang Heuleut

Kredit gambar: @ wahyudi_mulyadi01

Banyak daerah di Indonesia memiliki legenda tentang malaikat yang turun dari surga dan kemudian mandi di danau. Di Bandung Barat, danau ini dinamai Sanghyang Heuleut. Danau kecil yang dikelilingi batu-batu raksasa ini memang terlihat sangat unik. Secara geologis, Sanghyang Heuleut diciptakan karena letusan Gunung Purba Sunda. Sumber air yang mengalir ke danau ini berasal dari Sungai Citarum Kuno.

Kredit gambar: @ ramdanibudi612

Hal pertama yang dapat Anda lakukan di sini adalah menikmati keindahan danau dengan air pirus. Puas memanjakan mata, ganti kamera Anda dalam aksi, ambil sebanyak mungkin foto indah di sana. Selanjutnya, Anda bisa bermain air sebanyak yang Anda inginkan. Terjun ke air dingin di Sanghyang Heuleut, tapi tetap perhatikan keselamatanmu sendiri, ya!

Lokasi: Desa Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10.000 IDR

5. Curug Malela, Niagara Bandung Barat

Kredit gambar: @ sigotik91

Kontur Kabupaten Bandung Barat memang beragam, termasuk daerah pegunungan dan perbukitan. Di daerah seperti ini, biasanya banyak dijumpai air terjun yang indah. Di Bandung Barat. Air terjun terbesar yang bisa Anda temukan adalah air terjun Malela. Air terjun ini bahkan mendapat julukan sebagai Niagara Bandung Barat karena ukurannya yang luar biasa, meski tidak sebesar Niagara asli tentunya.

Kredit gambar: @ramaditapv

Air terjun ini memiliki lebar 50 meter, tinggi 70 meter! Debit air juga relatif stabil dengan air jernih di musim kemarau. Untuk datang ke sini, dibutuhkan sedikit perjuangan dan usaha, mengingat jalan hanya bisa dilintasi oleh sepeda motor dan berjalan kaki. Namun, pemandangan indah sepanjang jalan bisa menjadi obat lelah bagi Anda sebelum tiba dan mengagumi kemegahannya Niagara kecil ini.

Lokasi: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10.000 IDR

6. Taman Batu, taman batu di atas Bukit Padalarang

Kredit gambar: @parlanaditya

Kembali ke atas bukit, kali ini kita berada mendaki ke Cipatat. Di sini Anda akan menemukan batu-batu berserakan secara alami tetapi tetap terlihat artistik. Namanya juga Stone Garden alias Stone Garden, tentu saja ada banyak formasi batuan yang bisa Anda temukan di sini. Batu-batu disusun secara acak dan tersebar di tanah.

Kredit gambar: @novi_jenia

Apa yang membuatnya istimewa, tentu saja, adalah bahwa taman batu terletak di puncak bukit. Jadi selain taman itu sendiri yang sudah cantik, latar belakang pemandangannya juga menakjubkan. Jadi jika Anda datang ke sini, siapkan memori fisik dan besar yang luar biasa di kamera. Anda dapat mengambil gambar Latar Belakang pemandangan luar biasa, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 10.000 IDR.

7. Bertemu di Puncak Bendera Rindu Gunung Padalarang

Kredit gambar: @ arif.ikhwani

Masih dengan tema gunung dan pendakian, Bendera Gunung Padalarang adalah tujuan berikutnya. Gunung Bendera adalah tempat yang ramah bagi semua pendaki, termasuk pemula. Jalannya tidak terlalu berat dan perjalanannya juga tidak memakan waktu lama, sekitar satu jam. Perjalanan itu menyenangkan dan puncaknya juga luas dengan rumput hijau yang ditumbuhi pohon sehingga terasa seperti di rumah sendiri.

Kredit gambar: @rbihsan

Meski tingginya hanya ‘1403 meter di atas permukaan laut, puncak Bendera Gunung Padalarang memiliki pemandangan yang luar biasa. Anda dapat berkemah di puncak sambil melihat pemandangan.

Puncak Gunung Bendera disebut Puncak Rindu dan merupakan lokasi yang populer untuk berkemah. Selain hamparan hijau, pemandangan Kabupaten Bandung Barat pada malam hari juga tidak kalah indahnya. Bahkan ketika cuaca mendung, Anda akan berada di atas awan.

Lokasi: Desa Pojok, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat
Harga tiket: 5.000 IDR

8. Terbang di atas keindahan Bukit Cilil Gantole

Kredit gambar: @ jajang.wilson

Seperti namanya, bukit ini memang merupakan landasan untuk paralayang ekstrem. Bukan hanya untuk tujuan wisata, tempat ini juga menjadi lokasi paralayang resmi untuk PON XIX 2017 Jawa Barat. Jadi tempat ini benar-benar memadai untuk Anda yang ingin mencoba sensasi terbang dengan paralayang.

Kredit gambar: @bazzonesia

Anda bisa terbang berduaan ditemani oleh pilot berpengalaman. Anda hanya menikmati penerbangan sambil merekam kegembiraan, pilot akan memastikan pengalaman terbang Anda menyenangkan. Jika Anda tidak ingin terbang, Anda dapat mengambil gambar dengan pemandangan indah di sini. Manajer telah menyediakan berbagai tempat foto buatan juga untuk membuat foto Anda lebih keren.

Lokasi: Kampung Pasirpanjang, desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp15.000

9. Batu coklat dan gua kuno di Sanghyang Kenit

Kredit gambar: @ fardigunawan32

Tempat ini titik tersembunyi dari sungai Purba Citarum yang terletak dekat dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air Saguling. Sanghyang Kenit pada dasarnya adalah aliran sungai yang dipenuhi dengan batu coklat. Aliran air yang tenang menciptakan banyak kolam alami yang menyegarkan, Anda dapat menyelam dan bermain air di sini. Tempat ini dikelola oleh penduduk setempat sehingga relatif teratur dan nyaman untuk dikunjungi.

Kredit gambar: @pianpianic

Di sisi kiri dan kanan sungai ada tebing berbatu yang tertutup pepohonan. Di satu sudut, Anda dapat menemukan gua kuno dengan aliran sungai kecil di lantai. Anda dapat menjelajahi gua dengan dipandu oleh panduan berpengalaman. Yang pasti, tempat wisata di Bandung Barat sangat eksotis dan akan menghasilkan banyak foto keren.

Lokasi: Desa Cisameng, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: 5.000 IDR

10 Mendaki bersantai di Gunung Putri

Kredit gambar: @ alfakei7

Satu lagi gunung yang bisa Anda taklukkan di Bandung Barat. Gunung Putri memiliki ketinggian 1.587 mdpl yang menjadikannya tempat yang ideal untuk pendaki pemula. Waktu pendakian yang dibutuhkan untuk mencapai puncak juga sangat singkat, sekitar 30 menit. Tapi nama turnya, tidak perlu dipaksakan. Berjalan sesuai kemampuan fisik Anda sambil mengagumi keindahan pemandangan di sepanjang jalur pendakian!

Kredit gambar: @sriindriiyani

Nah, jika Anda telah mencapai puncak, Anda dapat menikmati hasil perjuangan Anda. Pemandangan indah terbentang di mana pun mata memandang. Ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan berfoto. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di sini, jadi tolong bawa tenda untuk mereka yang tertarik. Dengan bermalam di sini, Anda akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan momen spektakuler matahari terbit.

Lokasi: Jalan Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
Harga tiket: Rp 17.000

Baca juga: 10 Tempat Mie Shake Bandung yang Berkesan

Tertarik dengan liburan dan tur di Kabupaten Bandung Barat? Mulailah petualangan Anda di wilayah ini sekarang!

Pos 10 Tempat Wisata Bandung Barat yang Keren dan Menakjubkan muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin