Akhir pekan sudah dekat, tetapi Anda belum tahu ke mana harus pergi? Jika Anda tinggal di Jakarta, tidak perlu bingung karena Jakarta adalah rumah bagi berbagai galeri seni keren. Selain instagramable, Anda dapat menambah wawasan dan teman karena ada agenda aktivitas di galeri seni ini. Bergabunglah dengan berbagai kegiatan yang diadakan dan akhir pekan Anda tidak akan sia-sia!

Anda bisa mengundang teman atau keluarga untuk mengunjungi galeri seni, bahkan ada beberapa tempat yang juga cocok untuk anak-anak. Bagi Anda yang mengaku sebagai penikmat seni, kesempatan untuk mengunjungi galeri yang rapi ini bisa membuat Anda lupa waktu. Lihatlah pilihan galeri seni terkenal di Jakarta yang telah dirangkum TripZilla dan jangan lupa mengatur kamera karena itu banyak titik artistik untuk dilewatkan!

1. Sebuah oasis untuk aktivis seni di bagian barat Jakarta – Museum Harimau

Kredit gambar: @museummacan

Tiger adalah singkatan Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara. Museum Harimau memegang berbagai benda dan instalasi yang dibuat oleh seniman seni dari seluruh dunia. Anda dapat menonton pameran dengan beragam tema secara bergantian. Bagian yang paling menyenangkan adalah sering kali ada instalasi seni interaktif. Anda dapat berpartisipasi untuk menyelesaikan instalasi yang ada. Sangat menarik dan membangkitkan minat!

Kredit gambar: @eatandtreats

Jika Anda ingin mengajak anak-anak, di Museum Harimau ada permainan bernama Treasure Hunt. Peserta hanya diizinkan sampai usia siswa. Ketika anak-anak bermain, Anda bisa selfie sini. Namun, tidak diperbolehkan membawa kamera, jadi Anda bisa menggunakan kamera ponsel Anda untuk bergaya titik yang menarik. Jika Anda sudah selesai menjelajahi museum, Anda dapat pergi ke kafe di dalam museum untuk bersantai dan menikmati suasananya.

Kredit gambar: @museummacan

Lokasi: AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Jam buka: Selasa hingga Minggu, 10:00 hingga 19:00 WIB
Harga tiket masuk: mulai dari Rp 80.000.

2. Nikmati berbagai warna dan bentuk seni kontemporer yang menarik – Seni: 1 Museum Baru

Kredit gambar: @ art1newmuseum

Seni: 1 Museum Baru dan Ruang Seni sebelumnya bernama Mon Decor Gallery, yang telah berdiri sejak tahun 1983. Di sini tidak hanya pameran diadakan tetapi juga berbagai kegiatan artistik lainnya seperti pemulihan seni. Karya-karya seni yang dipajang di galeri-galeri seni di Jakarta semuanya dibuat oleh seniman-seniman Indonesia dan bernuansa kontemporer, unik, keren dan sangat menggoda untuk dijadikan foto latar belakang. Museum ini telah memenangkan gelar Penghargaan Galeri Terbaik Tahun Ini pada tahun 2010 dan menjadi galeri favorit di Penghargaan Amica Indonesia.

Kredit gambar: @ art1newmuseum

Jika Anda datang pada waktu yang tepat, Anda dapat ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti melukis, menonton bersama, dan pertunjukan musik. Jika Anda ingin membuat acara pribadi seperti perayaan ulang tahun, Anda juga dapat menyewa tempat di sini. Berbagai pilihan yang ditawarkan membuat Anda tidak bosan menghabiskan waktu di galeri seni ini di Jakarta.

Kredit gambar: @ art1newmuseum

Lokasi: Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Gunung Sahari Utara, Jakarta Pusat.
Jam buka: 10:00 hingga 18:00 Waktu Indonesia Barat, Selasa hingga Minggu.
Harga tiket masuk: mulai dari Rp 75.000.

3. Pertajam ketajaman karya seni Anda di tengah karya pelukis terkenal – Hadiprana Gallery

Kredit gambar: @hannyradiawan

Hadiprana Gallery telah berdiri sejak 1961 dan pindah ke Kemang sejak 1997. Anda dapat menemukan koleksi kerajinan tangan, lukisan, tekstil, perhiasan, perabotan, dan patung-patung bernilai seni tinggi. Ada juga kelas seni yang bisa dihadiri oleh anak-anak atau orang dewasa. Anda dapat membayar sesuai dengan pilihan kelas yang ingin Anda hadiri dan untuk perincian Anda dapat melihatnya www.hadiprana.co.id.

Kredit gambar: @batik_liya

Sambil menjelajahi galeri seni ini di Jakarta, Anda juga dapat menemukan butik yang menjual pakaian dari desainer Indonesia dan pada waktu-waktu tertentu juga diadakan acara dansa. Yang jelas semua kegiatan seni di Hadiprana Gallery diprakarsai oleh seniman Indonesia sehingga kita bisa bangga menyaksikan karya-karya indah yang dipajang di sini.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 30, Bangka, Jakarta Selatan.
Jam buka: 10:00 hingga 17:00 Waktu Indonesia Barat, Senin hingga Sabtu.
Harga tiket masuk: Gratis.

4. Ruang seni dengan kedai kopi unik – Dia.Lo.Gue Artspace

Kredit gambar: @kenzie_delwyn (kiri atas dan kanan atas), @sqeetoo (kiri bawah) dan @ rraquel12 (kanan bawah)

Dia.Lo.Gue Artspace sudah terkenal di kalangan anak muda, terutama karena warung kopi dengan tangga kecil untuk selfie. Namun selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai program pameran dan kegiatan menarik untuk diikuti. Tempat ini juga menjual berbagai produk yang bisa Anda beli langsung atau melalui toko online.

Menariknya, di tempat ini ada program residensi dan peserta tidak perlu memiliki latar belakang seni. Pada akhir tahun, karya para peserta akan dipamerkan. Menyenangkan dan bisa menjadi pengalaman yang sangat mengesankan, lho!

Lokasi: Jl. Kemang Selatan No. 99A, Bangka, Jakarta Selatan.
Jam buka: Pukul 09.30-18.00 WIB (Senin-Kamis), 09.30-21.00 WIB (Jumat), 09.00-21.00 WIB (Sabtu-Minggu).
Harga tiket masuk: Gratis (untuk pameran yang terbuka untuk umum).

5. Galeri dengan koleksi global – Galeri Edwin

Kredit gambar: @yayasung_

Keunikan pertama yang akan Anda temui di galeri ini adalah arsitektur bangunan. Di bagian luar bangunan diberi gaya etnik Jawa sedangkan di bagian dalam adalah gaya kontemporer. Anda akan menikmati berbagai lukisan dan seni instalasi yang indah dan menarik. Pameran seni di galeri ini akan diganti secara berkala sesuai dengan tema yang diangkat.

Kredit gambar: @papermoonpuppet

Pemilik galeri ini, Edwin Rahardjo, sering membawa koleksinya untuk dipamerkan di luar negeri. Jadi galeri ini sangat menarik untuk dikunjungi karena Anda dapat melihat karya seni berkelas tanpa perlu pergi jauh ke luar negeri!

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 21, Bangka, Jakarta Selatan.
Jam buka: 9:00 hingga 17:00 Waktu Indonesia Barat, Senin hingga Sabtu.
Harga tiket masuk: Gratis.

6. Galeri ikonik di pusat kota – Galeri Nasional

Kredit gambar: @viratanka

Galeri Nasional ini adalah galeri milik pemerintah yang merupakan bangunan cagar budaya. Bangunan desain kolonial ini telah berdiri sejak 1900 dan dulunya merupakan bagian dari Gedung Pendidikan yang digunakan untuk asrama wanita. Saat ini Galeri Nasional adalah tempat berbagai bentuk seni yang ditampilkan secara bergiliran.

Kredit gambar: @poergram

Ada juga karya seni yang dipajang yang interaktif sehingga tidak membosankan. Selain pameran, ada juga seminar tentang seni yang diadakan di sini. Situs bersejarah, bangunan indah dan dapat menambah wawasan, Galeri Nasional adalah paket lengkap sebagai tujuan akhir pekan.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat.
Jam buka: 09.00-16.00 WIB, Selasa hingga Minggu.
Harga tiket masuk: Gratis.

7. Galeri dengan komunitas seni yang menarik – Galeri Salihara

Kredit gambar: @aditohadit

Galeri Salihara memiliki komunitas bernama Komunitas Salihara, yang didirikan oleh Goenawan Mohamad, seorang penulis dan mantan pemimpin redaksi Majalah Tempo. Selain pameran karya seni, ada juga tempat yang bisa disewa untuk pertunjukan seni di sini. Dalam satu kompleks terdapat empat bangunan utama yaitu Teater Salihara, Galeri Salihara, Anjung Salihara dan ruang kantor.

Kredit gambar: @laruye

Anda dapat memilih untuk melihat pameran, mengikuti berbagai kelas, menonton pertunjukan seperti teater atau menari, berbelanja di Salihara Gallery, yang menjual berbagai pernak-pernik atau bersantai di kafe-kafe. Banyak agenda seni di sini dan Anda dapat memeriksanya www.salihara.org. Jangan sampai ketinggalan, siapa tahu Anda mungkin menemukan acara yang sesuai dengan minat Anda!

Lokasi: Jl. Salihara No. 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Jam buka: 9:00 hingga 21:00 Waktu Indonesia Barat, Senin hingga Minggu.
Harga tiket masuk: Bervariasi sesuai dengan acara yang diadakan.

8. Lihat galeri internasional dengan koleksi barang antiknya – Galeri Bartele

Kredit gambar: @cindysuw

Selain memamerkan barang-barang antik, Anda juga bisa membeli dan menjual di sini, lho! Galeri Bartele unik karena memiliki koleksi peta antik dan asli selain koleksi lainnya seperti lukisan hingga dekorasi rumah, yang jumlahnya mencapai ribuan. Didirikan oleh Bartele Santema dan dikuratori oleh David E. Parry yang merupakan seorang kartografer, galeri ini telah membuka cabang ke Belanda.

Kredit gambar: @bartelegallery

Koleksi di galeri ini selalu ditambahkan sehingga isinya selalu bertambah, bahkan mereka juga memiliki toko online untuk menjual koleksi peta antik. Dengan dekorasi yang keren dan unik, tempat ini benar-benar perlu dikunjungi!

Lokasi: Mandarin Oriental Hotel, Jl. Jenderal Sudirman, Menteng, Jakarta Pusat.
Jam buka: 11.00-20.00 WIB, Senin hingga Minggu.
Harga tiket masuk: Gratis.

9. Apa pun yang Anda inginkan ada di sini – Ekosistem Gudang Sarinah

Kredit gambar: @evelyntamaraw

Gudang Sarinah Ekosystem adalah bangunan terbengkalai yang kemudian diperbaiki dan menjadi tempat untuk melakukan berbagai kegiatan artistik. Anda dapat mencari agenda kegiatan di tempat ini dan dapat memilih acara yang ingin Anda lihat misalnya, bazaar, pameran atau konser musik. Gudang Sarinah juga merupakan tempat bagi Ruang Rupa atau organisasi seni RuRu yang menjual berbagai karya musisi indie dan memiliki program Radio RuRu. Ada juga musisi internasional yang tampil di sini. Menarik bagi Anda yang suka musik!

Kredit gambar: @stephaniekristanti

Setiap bulan, ada acara Pasar Tuah Ruah yang merupakan penjualan garasi, dimana kamu bisa mendapatkan barang seni dengan harga terjangkau. Jika Anda ingin menunjukkan kemampuan, Anda juga dapat menyewa tempat di sini. Ada tiga tempat berukuran sekitar 300 meter persegi yang bisa disewa. Apalagi, mari undang teman Anda untuk datang ke galeri seni ini di Jakarta!

Lokasi: Jl. Pancoran Timur II No. 4, Pancoran, Jakarta Selatan.
Jam buka: Dari pukul 10:00 hingga 17:00 Waktu Indonesia Barat (Senin hingga Jumat), mulai 13:00 hingga 19:00 Waktu Indonesia Barat (Sabtu hingga Minggu).
Harga tiket masuk: Gratis.

10. Mengintip karya seni kelas dunia serta pertunjukan – Ciputra Artpreneur

Kredit gambar: @chacaatmika

Bangunan Ciputra Artpreneur terdiri dari tiga bagian, yaitu museum, galeri dan teater. Museum Artpreneur Ciputra dibuka untuk memperingati tahun ke-100 almarhum pelukis dan pematung Hendra Gunawan. Semua barang di museum ini adalah koleksi pribadi almarhum Ir. Ciputra, yang memang berteman dekat dengan Hendra Gunawan. Selain bisa menikmati koleksi ini, Anda juga bisa datang ke galeri. Di galeri seni di Jakarta ini ada agenda pameran tematik yang memiliki koleksi berbeda yang keren dan Anda juga bisa menemukan ragamnya titik yang instagramable.

Kredit gambar: @artpreneur

Teater di Ciputra Artpreneur dibangun dengan fasilitas berkualitas yang kerap menampilkan pertunjukan seniman asing. Dengan kapasitas 1.157 kursi dan juga dilengkapi dengan ruang VIP dan ruang makan, teater ini cocok untuk pementasan drama dan pertunjukan musik atau pertunjukan penghargaan. Akhir pekan Anda dijamin akan lebih berkesan setelah menonton pertunjukan di teater yang luar biasa ini!

Lokasi: Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 3-5 Ciputra World 1, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.
Jam buka: 12.00-18.00 WIB Selasa hingga Minggu.
Harga tiket masuk: Bervariasi sesuai dengan acara yang diadakan.

Baca juga: 6 Museum Unik, Anti-Mainstream, dan Mengesankan di Jakarta

Banyak galeri seni yang bisa jadi pilihan Anda di Jakarta? Anda dapat memeriksa jadwal kegiatan dan biaya yang terlibat melalui situs web atau galeri Instagram. Meskipun tidak semuanya gratis, biaya yang dibayarkan akan sepadan dengan pengalaman yang Anda dapatkan. Setelah datang ke satu tempat, Anda mungkin kecanduan menjelajahi galeri lain juga!

Posting 10 Galeri Seni Keren di Jakarta Untuk Liburan Akhir Pekan Anda muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin