Pernahkah Anda mengunjungi Pulau Sabu di Nusa Tenggara Timur atau NTT? Popularitasnya kalah dengan Flores atau Pulau Komodo, namun Pulau Sabu memiliki destinasi wisata khas Indonesia Timur yang tidak ada duanya.

Diberkati dengan keindahan alamnya, pulau ini terletak di Kabupaten Sabu Raijua dan merupakan pulau paling selatan di Indonesia setelah Pulau Rote. Layaknya permata tersembunyi, Pulau Sabu memang jauh dan cuaca panas tak menyurutkan minat wisatawan untuk menjelajahinya. Selain alam, nuansa budaya juga menjadi daya tarik Pulau Sabu.


Bagaimana menuju ke Pulau Sabu

Untuk mencapai Pulau Sabu, Anda bisa memilih naik pesawat atau kapal feri dari Kupang. Jika naik pesawat dikenakan biaya mulai dari Rp 1.000.000 untuk sekali perjalanan, sedangkan untuk kapal feri, tarifnya mulai dari Rp 85.000 per orang. Kalaupun naik kapal, tersedia pilihan fast boat dengan waktu tempuh sekitar empat jam. Setibanya di Pulau Sabu, angkutan umum masih jarang ditemukan sehingga akan lebih mudah jika anda berwisata dengan menggunakan jasa agen perjalanan.


Penasaran dengan keindahan yang ditawarkan di Pulau Sabu? Cek dulu lokasi wisata terkenal yang direkomendasikan di Pulau Sabu TripZilla Indonesia pengikut!

1. Keunikan Bukit Kelabba Maja yang Luar Biasa

Kelabba Maja | wisata pulau shabu
Kredit gambar: kdkgunawan

Tebing memang biasa, tapi tebing berbukit seperti ini sungguh luar biasa. Kelabba Maja memiliki kontur dan corak yang unik dan juga dianggap sebagai situs bersejarah oleh masyarakat. Menurut kepercayaan, Kelabba Maja merupakan tempat bersemayam Dewa Maja sehingga disini anda dapat melihat batu yang digunakan sebagai altar pemujaan dewa.

Kelabba Maja
Kredit gambar: amboreynaldi

Trek menanjak akan menunggu Anda sebelum Anda menemukan keindahan alam ini. Tetapi jika Anda melihat pemandangan ini, sangat berharga untuk membayar kerja keras Anda. Mengingat kesakralannya jangan lupa jaga sikap dan perkataan saat berkunjung ke tempat ini ya!

Alamat: Pedarro, Hawu Mehara, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

2. Jangan takut dingin di Ledeae Hawu Mehara Snow Hill

Snow Hill | wisata pulau shabu
Kredit gambar: farhan_anggori

Tidak apa-apa kedinginan, tapi di sini tidak akan dingin banget, kok! Pasalnya, warna putih di perbukitan tersebut bukanlah salju melainkan kapur. Destinasi wisata di Pulau Sabu ini termasuk dalam cagar alam dan bentuknya yang unik menjadikan bukit ini terkenal sebagai spot foto yang keren.

Kredit gambar: me_justdonaa

Entah dari dekat atau jauh, penampilan Snow Hill tak kalah indahnya. Jika ingin mencari sisi lain, Anda bisa naik ke atasnya dan melihat pemandangan pantai dengan leluasa. Setibanya di sana, dijamin kamu bakal sibuk mencari sudut-sudut instagramable untuk berfoto!

Alamat: Ledeae, Hawu Mehara, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 08.00 WITA – 18.00 WITA
Harga tiket: Gratis

3. Ikuti wisata bahari di Pantai Napae yang terkenal

Pantai Napae | wisata pulau shabu
Kredit gambar: abdul_salam_faisal

Pasir putihnya yang tebal seakan harus berada di pinggir pantai agar terlihat cantik. Begitu juga dengan Pantai Napae yang terkenal di Pulau Sabu. Tidak hanya pasirnya yang membuat nyaman, laut yang tenang juga akan membuat Anda terbuai saat berada di sini. Anda bisa memanfaatkan jumlah lopos atau saung yang tersedia untuk nongkrong indah untuk menghabiskan hari.

Kredit gambar: exploresaburaijua

Anda bisa bermain pasir atau berenang sepuasnya untuk menghilangkan penat. Kemudian saat matahari terbenam, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan langit senja yang eksotis. Waktu pasti akan berlalu tanpa terasa di sini.

Alamat: Meba, Sabu Barat, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

4. Nikmati Pantai Pinus yang memiliki banyak pohon pinus

Pantai Cemara
Kredit gambar: exploresaburaijua

Sesuai dengan namanya, di Pantai Cemara Anda bisa melihat deretan pohon cemara laut yang menambah eksotisme pantai ini. Ombak di pantai ini juga tenang sehingga aman untuk berenang. Suasana pantai yang tenang akan membuat Anda nyaman sekedar berjemur sambil membaca buku atau mengobrol di pinggir pantai.

Pantai Cemara | wisata pulau shabu
Kredit gambar: leoquen28

Selain pemandangan laut, Anda juga bisa menemukan petani garam dan rumput laut. Para petani ini masih membuat garam dengan cara tradisional dan menambah eksotisme Pantai Cemara. Singkatnya, destinasi wisata di Pulau Sabu ini sangat cocok untuk pelarian dari hiruk pikuk kota!

Alamat: Jiwuwu, Sabu Tengah, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

5. Berkeliling Pantai Rae Mea dengan cangkang kimianya

Pantai Rae Mae
Kredit gambar: exploresaburaijua

Pantai-pantai di Pulau Sabu memang indah dan masih alami. Pantai Rae Mea bisa memberikan pengalaman berbeda karena di sini Anda bisa melihat cangkang kerang yang berserakan di atas pasir. Berjalanlah ke pinggir pantai dan Anda bisa mengagumi keindahan tebing di pantai ini.

Pantai Rae Mae | Wisata Pulau Sabu
Kredit gambar: winariwukaho

Pantai Rae Mea pernah meraih penghargaan Surga Tersembunyi Terpopuler tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Anugerah Pesona Indonesia. Jika sudah puas dengan penghangat ruangan dan ingin bersantai sejenak, Anda bisa duduk-duduk di lopo alias gubuk di kawasan pantai ini.

Alamat: Loborai, Sabu Timur, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

6. Pantai Kepo yang bikin penasaran

Pantai Kepo | wisata pulau shabu
Kredit gambar: ekasarimulyati

Bagaimana mungkin Anda tidak penasaran jika yang akan Anda kunjungi adalah sebuah keindahan seperti ini? Pantai Kepo yang tersembunyi ini menawarkan laut berwarna biru kehijauan yang dikelilingi tebing. Jika dilihat dari atas, Anda akan mendapatkan panorama yang sangat indah. Anda juga bisa berkeliling untuk menemukan sisi lain yang bisa membuat Anda takjub.

Pantai Kepo
Kredit gambar: trijuliandi_malay

Anda perlu mencari cara sendiri untuk turun hingga mencapai pasir pantai. Sebagian besar traveller memanfaatkan berbagai spot di atas bebatuan untuk menikmati keindahan Pantai Kepo. Kamu pasti penasaran banget untuk menjelajahi pantai ini!

Alamat: Desa Halapadji, Sabu Liae, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

7. Menjelajahi Desa Adat Namata dengan pakaian tradisionalnya

Desa Adat Namata | wisata pulau shabu
Kredit gambar: flobamora.bae

Rugi banget kalo kangen Kampung Adat Namata saat liburan atau berwisata di Pulau Sabu. Peradaban megalitik yang ditandai dengan bebatuan besar yang tersusun dalam bentuk tertentu memberikan kesan tersendiri yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain. Saat memasuki kampung adat ini, Anda juga diharuskan mengenakan pakaian adat Sabu. Di sana tersedia persewaan baju adat mulai dari Rp 100.000 untuk satu set lengkap.

Kredit gambar: yaa_djami

Usai mengenakan pakaian adat, akan ada pemandu yang akan mengantar Anda berkeliling kampung adat. Ada berbagai aturan adat, seperti batu yang tidak boleh difoto dan kepercayaan warga bahwa setiap batu memiliki kekuatan magis. Jadi kalau mau berfoto jangan langgar aturan adat yang ada!

Alamat: Raeloro, Sabu Barat, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

8. Jangan lewatkan keindahan Gua Lie Mabala

Tujuan Lie Mabala | wisata pulau shabu
Kredit gambar: galeri kecil

Mengunjungi perut bumi memang merupakan pengalaman yang berbeda dan Gua Lie Mabala menjadi spot yang wajib dikunjungi di Pulau Sabu. Siapa yang bisa menyangkal keindahan goa ini, apalagi saat matahari masuk di tempat yang pas seperti ini! Dinding goa ini pun memiliki corak warna seperti Kelabba Maja sehingga menambah keindahan alamnya.

Goa Lie Mabala
Kredit gambar: vennyrozelldemu

Untuk bikin fotomu makin estetis, kamu juga bisa menyewa scarf atau ikat kepala mulai dari Rp 5.000. Anda tidak akan kesulitan mencari lokasi yang bagus untuk berfoto karena suasana di dalam goa cukup cerah. Jangan keluar dari jalan Anda, oke!

Alamat: Eimau, Sabu Tengah, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Senin – Sabtu, 09.00 WITA – 17.00 WITA
Harga tiket: Mulai dari 10.000 Rupiah

9. Bukit Lede Pemulu yang bukan sekedar bukit

Bukit Lede Pemulu | wisata pulau shabu
Kredit gambar: exploresaburaijua

Jika melewati Bukit Lede Pemulu, tidak perlu ragu untuk mampir sejenak dan mengagumi keindahannya. Hamparan rerumputan hijau yang terkena terik matahari sudah asri dari sana. Berfoto di tempat wisata di Pulau Sabu adalah hal biasa karena sisi mana pun yang Anda pilih, Bukit Lede Pemulu akan membuat hasil jepretan Anda terlihat instagramable.

Bukit Lede Pemulu
Kredit gambar: juliahasibuan

Anda juga bisa melihat pemandangan laut dari kejauhan di bukit ini. Selain itu kamu juga bisa menemukan kawanan kuda merumput dan menambah pesona Bukit Lede Pemulu. Menarik bukan?

Alamat: Perbatasan Desa Loborai dan Mehona, Sabu Liae, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

10. Bertualang untuk menjelajahi Desa Huwaga

Desa Huwaga | wisata pulau shabu
Kredit gambar: saraelnino69

Desa Huwaga memiliki banyak lokasi menarik yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa melihat pantai jika Anda rindu ingin basah. Ada juga Danau Huwaga yang cocok untuk nongkrong di sore hari. Danau ini terletak di dekat pantai dan lingkungannya yang asri membuat tempat ini semakin nyaman.

Desa Huwaga
Kredit gambar: murnirame_

Anda juga akan menemukan perbukitan yang mengingatkan Anda pada Sumba. Saat cuaca cerah, tempat ini asyik untuk dijadikan spot selfie. Kontur bukit yang indah ini layak untuk diabadikan dalam koleksi foto Anda di Pulau Sabu.

Alamat: Huwaga, Sabu Timur, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

Baca juga: 20 Foto Yang Bikin Kamu Ingin Kunjungi Flores, Indonesia

Semua obyek wisata di Pulau Sabu indah dan masih alami. Banyak tempat tidak dikenakan tiket masuk, tetapi Anda diharapkan memberikan sumbangan yang murah hati. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan agar keindahan tempat-tempat tersebut tetap terjaga!

Postingan 10 Destinasi Wisata Cantik di Pulau Sabu untuk Liburan Berbeda muncul pertama kali di TripZilla Indonesia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin